PENERAPAN METODE AHP UNTUK PENENTUAN SISWA TERBAIK DI SMP YAPINDO II

Penulis

  • Dicky Ilhamulya Yahya Mahasiswa
  • Erik Mikael Universitas Nusa Mandiri
  • Yudha Jihad Gilang Ramadhan Universitas Nusa Mandiri
  • Mohammad Badrul Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v1i2.748

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan, AHP, Siswa Terbaik, Sekolah

Abstrak

Keinginan menjadi siswa terbaik di sekolah adalah sebuah impian bagi seluruh siswa sekolah. Agar menjadi siswa terbaik itu sendiri, siswa harus dilandasi dengan kemampuan dan pengetahuan yang baik. Namun terkadang dalam pemilihan siswa terbaik sering terjadinya sebuah kesalahan dalam menentukan kriteria yang ada dan beberapa faktor pengaruh lainnya. Sebagai contoh dari satuan pendidikan di SMP YAPINDO II yang saat ini kesulitan dalam menentukan siswa terbaik sering terjadi human error dan kesalahan dalam input data. Penelitian ini dilakukan tim penulis di SMP YAPINDO II dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan sistem pendukung keputusan sebagai alat untuk mengimplementasikan metode tersebut. Adapun kriteria-kriteria yang dipilih untuk menentukan siswa terbaik salah satunya adalah nilai raport, absensi, dan nilai sikap. Metode AHP dipilih karena dapat memudahkan penyusunan kriteria-kriteria yang ada, sehingga metode AHP adalah metode yang tepat dalam pengambilan keputusan multikriteria, sehingga dapat menghasilkan sebuah keputusan yang relevan dalam menentukan siswa terbaik di SMP YAPINDO II.

Referensi

E. Martyani and S. Santoso, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Nongkrong dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” J. V-Tech (Vision Technol., vol. 2, no. 1, pp. 14–23, 2019, doi: 10.35141/jvt.v2i1.455.

D. Yunita and E. Ridhawati, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. PROSISKO, vol. 5, no. 1, pp. 131–136, 2017.

D. Akbar and I. Novita, “SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA SMPIT SAID NAUM JAKARTA Dani,” pp. 231–237.

agus perdana windarto anjar wanto, tonni limbong,muttaqin, akbar iskandar, SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN metode & implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. Supriadi, Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel