SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DI RESTORAN SOTO PAK J MENGGUNAKAN METODE AHP

Penulis

  • Grace Alfa Gulo
  • Niya Windy Nurhidayati Universitas Nusa Mandiri
  • Diana Aprillia
  • Maruloh Maruloh Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v1i1.504

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Analytical Hierarchy Process (AHP), Karyawan, Restoran, AHP, Karyawan

Abstrak

Pemimpin restoran membutuhkan seorang karyawan yang dapat dipercayai bisa melayani tamu atau pengunjung yang datang ke restoran tersebut dengan baik. Pemilihan karyawan terbaik merupakan aspek yang penting dalam manajemen kinerja karena menghasilkan informasi yang berguna untuk keputusan administratif karyawan seperti promosi ataupun pelatihan dan keputusan-keputusan lainnya. Pelaksanaan karyawan terbaik bukanlah saja memilih dan menetapkan karyawan yang tepat tetapi hal ini juga penting bagi pimpinan untuk merencanakan suatu hal yang matang dalam memotivasi dan mengembangkan diri karyawan. Sehingga perlu dibuatnya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menerapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP adalah suatu metode untuk memecahkan suatu tindakan yang dikaitkan dengan perbandingan bobot kepentingan antara faktor serta perbandingan beberapa alternatif. Metode ini akan me mberikan hasil pembobotan dari masing-masing alternatif pilihan sesuai dengan banyaknya kriteria yang ditetapkan yaitu seperti tipe, harga, lokasi dan alternatif yang memiliki bobot terbesar, merupakan alternatif pilihan yang menjadi rekomendasi karyawan terbaik untuk dipilih oleh pemimpin restoran.

Referensi

Frieyadie, F. (2018). Metode AHP Sebagai Penunjang Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Kerja Karyawan SPBU. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(1), 63–68. JOUR.

Mahendra, G. S., & Aryanto, K. Y. E. (2019). SPK Penentuan Lokasi ATM Menggunakan Metode AHP dan SAW. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(1), 49–56. JOUR.

Marimin. (2004). Analytical Hierarchy Process (AHP).

Mursyidah, H. (2017). Algoritma Polinomial Minimum untuk Membentuk Matriks Diagonal dari Matriks Persegi. AKSIOMA (Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika), 6(2), 282–293. JOUR.

Paramita, A., Mustika, F. A., & Farkhatin, N. (2017). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Berdasarkan Kinerja dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 9–18. JOUR.

Rizky Multi Amalia, & Utami, D. Y. (2018). Pemberian Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt. Anugerah Protecindo. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 3(2), 181–188. Retrieved from http://jitk.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/9

Sanyoto, G. P., Handayani, R. I., & Widanengsih, E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp (Studi Kasus: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 167–174. JOUR.

Setiowati, R. (2017). Analisis pengukuran produktivitas departemen produksi dengan metode Objective Matrix (OMAX) pada CV. Jaya Mandiri. Vol, 10, 199–209. JOUR.

Sugiyono. (2018). No Title.

Umar, R., Fadlil, A., & Yuminah, Y. (2018). Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 4(1), 27. https://doi.org/10.23917/khif.v4i1.5978

Utama, D. N. (2017). Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi Teori dan Implementasi. D. N. Utama, Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi Teori Dan Implementasi. Garudhawaca, 2017.

Warmansyah, J. (2020). Metode Penelitian dan Pengolahan Data Untuk Pengambilan Keputusan Pada Perusahaan. BOOK, Deepublish.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-23

Cara Mengutip

Gulo, G. A., Nurhidayati, N. W., Aprillia, D., & Maruloh, M. (2021). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DI RESTORAN SOTO PAK J MENGGUNAKAN METODE AHP: . Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 1(1), 11-20. https://doi.org/10.31294/larik.v1i1.504

Terbitan

Bagian

Artikel