SISTEM INFORMASI INVENTORY MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL PADA CV. GRACE BHAKTI UTAMA BOGOR

Penulis

  • Marshel Christian
  • Suparni Suparni Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lilyani Asri Utami Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v1i1.456

Kata Kunci:

Sistem Informasi Inventory, Laravel, Barang Masuk, Barang Keluar, Laravel

Abstrak

Sistem inventory merupakan sebuah sistem yang mencatat segala perpindahan barang masuk maupun barang keluar. Banyaknya data transaksi yang harus dikelola setiap harinya mengakibatkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan akan lebih lama apabila sistem yang digunakan masih secara manual. Demikian yang terjadi pada CV. Grace Bhakti Utama. Kesalahan saat penginputan secara manual akan menghasilkan laporan yang tidak akurat, hal ini merupakan permasalahan yang harus diselesaikan dalam perusahaan agar sistem berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini mengusulkan perancangan suatu sistem informasi inventory menggunakan framework Laravel untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola data inventory di CV. Grace Bhakti Utama. Metode pengembangan system dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall,  merupakan model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan tahap pendukung. Hasil penelitian diharapkan pencatatan laporan, transaksi penjualan, dan transaksi pembelian dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Selain itu, pemantauan penjualan pun semakin mudah karena akan memudahkan pengguna dalam melihat aktifitas perusahaan di dalam sistem informasi tersebut.

Referensi

F. Akbar, R. Akbar, . M., and . N.,“Implementasi Openbravo pada Proses Transaksi Penjualan, Produksi dan Sistem Inventory (Studi Kasus PT. NUSANTARA

BETA FARMA),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015, doi:10.25077/teknosi.v1i1.2015.1.

T. S. Ramadhani, S. Suryadi, and D. Irmayani, “Sistem Informasi Stok Gudang Pada Platinum Hotel Berbasis Web,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 35–40, 2019,doi:10.36987/informatika.v6i2.745.

D. W. Kuncoro, bambang eka Purnama, and indah uly Wardati, “Sistem Kasir Dan Pendataan Stok Barang Pada Tata Distro Pacitan,” J. Speed, vol. 7, no. 1, pp. 40–46, 2015, [Online]. Available:https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/579/470.

E. D. Sikumbang, “Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall Dengan Konsep Pemograman Tersrtuktur,” Sniptek, pp. 139–143, 2016.

U. Rusmawan, Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo,2019.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika, 2016.

R. A. Soekamto and M. Shalahuddin, Rekaya Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Revisi. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

B. O. Lubis, “Implementasi Program Persediaan Barang pada CV . Ardho Teknik Bekasi,” no. 2, pp. 172–180, 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-23

Cara Mengutip

Christian, M., Suparni, S., & Utami, L. A. (2021). SISTEM INFORMASI INVENTORY MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL PADA CV. GRACE BHAKTI UTAMA BOGOR. Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.31294/larik.v1i1.456

Terbitan

Bagian

Artikel