Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Penulis

  • Febi Dwi Bestari Universitas Nusa Mandiri
  • Duwi Cahya Putri Buani STMIK Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v3i1.1827

Kata Kunci:

Analisis, AHP, Pelayanana, analisis, AHP

Abstrak

Kualitas layanan ini sangat penting tidak hanya untuk "masalah yang berkaitan dengan kompetisi" tetapi juga untuk "meningkatkan rasionalisasi, restrukturisasi, dan tuntutan akuntabilitas pelayanan publik. Salah satu Teknik yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan adalah metode AHP.  Metode  AHP (Analytic Hierarchy Process) yang bertujuan untuk mengidentifikasi aspek pelayanan yang masih memiliki nilai minimum, dimana hasilnya dapat digunakan sebagai rekomendasi keputusuan bagi manajemen RS dalam peningkatan pelayananan. Metoda AHP pada dasarnya mampu menyediakan proses analitis secara semi-terstruktur yang pada gilirannya mampu digunakan untuk mengkombinasikan penilaian-penilaian dari berbagai alternatif dan kriteria yang ada. Hasil analisis AHP menunjukkan bahwa Kriteria yang diberikan peneliti sangat berpengaruh terhadap keputusan untuk menilai kualitas pelayanan yang diberikan oleh RSU Ananda, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan data yang diperoleh penulis, yaitu kriteria relability merupakan kriteria yang paling penting dalam kualitas pelayanan kesehatan  menjadi prioritas ke-1 dengan nilai bobot 39.93%, berikut assurance menjadi prioritas ke-2 dengan nilai bobot 19.60%, kemudian kriteria tangible menjadi prioritas ke-3 dengan nilai bobot 19.18%, kemudian kriteria empathy menjadi prioritas ke-4 dengan nilai bobot 11.20% dan yang terakhir kriteria responsivenes menjadi prioritas ke-5 dengan nilai bobot 10.10%. Metode AHP merupakan metode yang cocok digunakan untuk mengambil sebuah keputusan di dalam sebuah penilaian, tidak hanya penilaian kualitas pelayanan  saja namun juga untuk pemilihan lain.

Referensi

A. Anin et al., “Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode SERVQUAL dan AHP (Studi Kasus: Pasien Rawat Inap Kelas Tiga di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Salatiga) Artikel Ilmiah,” p. 2, 2015.

“Undnag-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009,” Undnag-Undang Republik Indones. Nomor 36 Tahun 2009, vol. 27, no. 7, pp. 1–5, 2009.

“QUALITY HEALTH CARE AT THE HOSPITALIZATION SECTION OF PUSKESMAS GUNUNG ANYAR SURABAYA Juwita Kusuma Wati Dra. Meirinawati, M.AP.”

M. Efendi, W. Harianto, and D. A. Nugraha, “Penerapan Metode Servqual Dan Ahp Sebagai Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Akena Malang,” Rainstek J. Terap. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 42–50, 2021, doi: 10.21067/jtst.v3i1.4986.

R. P. Laurichela and ; Cepi Cahyadi, “Analysis of Customer Service Quality Based on Servqual (Service Quality) and Analytic Hierarchy Process (Ahp) Methods,” Techno Nusa Mandiri J. Comput. Inf. Technol. As an Accredit. J. Rank, vol. 19, no. 1, p. 2020, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.33480/techno.v19i1.1722.

N. Nahriyah, “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan,” As Siyasah, vol. 5, no. 12, pp. 1–13, 2016.

A. T. Suseno, “Analisis kualitas pelayanan kesehatan instalasi rawat jalan rumah sakit,” vol. 1, no. 1, p. 3, 2007.

Sularno, D. P. Mulya, Zulfahmi, and Faradika, “Sistem Penunjang Keputusan Pelayanan Kesehatan (Padang Health) Dengan Metode AHP Sularno1,Dio,” J. Sains dan Inform., vol. 07, no. 02, pp. 63–72, 2021.

M. Asnawi, C. Matani, and K. Patma, “The Community Engagement Journal,” Community Enggagement J., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2019.

M. Wicaksono, L. D. Fathimahhayati, and Y. Sukmono, “Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),” J. Tekno, vol. 17, no. 2, pp. 1–17, 2020, doi: 10.33557/jtekno.v17i2.1078.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Bestari, F. D., & Buani, D. C. P. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 3(1), 20 - 27. https://doi.org/10.31294/larik.v3i1.1827

Terbitan

Bagian

Artikel