Information Retrieval Pemetaan Peta Jalan Penelitian Perguruan Tinggi Berbasis Dokumen Publikasi Ilmiah Dosen

Penulis

  • Agung Wibowo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rusda Wajhillah

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v2i2.1816

Kata Kunci:

Information retrieval, Peta Jalan penelitian, Dokumen Publikasi

Abstrak

Kualitas penelitian perlu diarahkan dan diklasifikasikan untuk perbaikan. Roadmap perguruan tinggi harus sesuai dengan minat dan keahlian dari dosennya. Oleh karena itu, menjadi kewajiban setiap perguruan tinggi untuk membuat perencanaan strategis dan riset unggulan. Fakultas Teknologi Informasi di hampir semua perguruan tinggi telah menghasilkan banyak publikasi ilmiah. Dokumen publikasi karya ilmiah merupakan salah satu contoh dokumen tidak terstruktur. Isinya berupa gaya penulisan, sebagian besar ditentukan oleh bahasa pengarang. Umumnya, judul dokumen hanya menentukan jumlah kata maksimal. Tujuan utama dari information retrieval system adalah untuk menentukan kata kunci dokumen dari query yang diberikan oleh pengguna dalam sekelompok dokumen. Algoritma TF/IDF (Term Frequency – Inversed Document Frequency) dan Algoritma Vector Space Model adalah beberapa metode dari algoritma yang dapat memanfaatkan text mining dalam menganalisis tahapan sebagai opsi penentuan klasifikasi dokumen berdasarkan kata-kata solusi yang sering muncul pada judul dokumen. Makalah ini dapat membantu para pengambil keputusan untuk menentukan, menilai, mengadaptasi roadmap penelitian ke perguruan tinggi. Penggambaran model pohon menggunakan roadmap jangka panjang membuatnya lebih mudah dibaca dan dipahami.

Biografi Penulis

Agung Wibowo, Universitas Bina Sarana Informatika

ID Scopus: 57209065476

ID Scholar: 0B6OBuEAAAAJ&hl

Referensi

D. Risbang, "Rencana Strategis 2015-2019," Ristekdikti, Jakarta, 2015.

D. Risbang, "Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia," 30 January 2017. [Online]. Available: https://risbang.ristekdikti.go.id/publikasi/berita-media/menristek-rilis-portal-sinta-untuk-kembangkan-penelitian/. [Accessed 22 April 2019].

L. P. U. N. Gorontalo, "Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Negeri Gorontalo," Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 2010.

A. Modjo, A. Mulyanto and L. Hadjaratie, "Klasifikasi Penelitian Berdasarkan Rencana Induk Penelitian Universitas Negeri Gorontalo Menggunakan Naive Bayes Classifier," Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 2014.

T. H. Retnowati, D. Mardapi and Badrun, "Model evaluasi kinerja dosen: pengembangan instrumen untuk mengevaluasi kinerja dosen," Jurnal penelitian dan evaluasi Pendidikan, vol. 21, no. 2, p. 206 – 214, 2017.

M. Asro and I. A. Halim, "ANALISIS PERENCANAAN KEBIJAKAN PENELITIAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG," Jurnal Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 29-52, 2017.

A. Arvianto, M. S. Zekben, N. U. Handayani, P. W. Adi and S. Saptadi, "PENGEMBANGAN INDIKATOR KINERJA UTAMA UNTUK MENGUKUR KEBERLANJUTAN PENELITIAN PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO," Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 263-274, 2018.

K. D. Putung, A. Lumenta and A. Jacobus, "Penerapan Sistem Temu Kembali Informasi Pada Kumpulan Dokumen Skripsi," E-journal Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 18-23, 2016.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Wibowo, A., & Wajhillah, R. (2022). Information Retrieval Pemetaan Peta Jalan Penelitian Perguruan Tinggi Berbasis Dokumen Publikasi Ilmiah Dosen. Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 2(2), 49 - 56. https://doi.org/10.31294/larik.v2i2.1816

Terbitan

Bagian

Artikel