Pengelolaan Dokumen Administratif Data Kependudukan Pada Kelurahan Ciparigi Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31294/justika.v2i1.1238Keywords:
Pelayanan Umum Online, Sistem Pelayanan Penduduk, Pelayanan Surat Menyurat OnlineAbstract
Kemajuan teknologi informasi mendominasi semua sektor kehidupan masyarakat, tidak terkecuali Lembaga pemerintah utamanya pelayanan publik. Kelurahan ciparigi bogor saat ini dalam menjalankan pelayanan administrative terhadap masyarakat masih bersifat konvensional sehingga berdampak pada kualitas layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pelayanan tersebut antara lain pembuatan eKTP, pengantar kartu Indonesia sehat dan Surat Keterangan Tidak Mampu. Sistem pelayanan manual ini berdampak pada kinerja staf kelurahan menjadi tidak efisien, sedangkan pada sisi pelayanan masyarakat membutuhkan waktu cukup lama. Ditambah dengan pertambahan jumlah penduduk yang terus meningkat. Solusi dari masalah ini dengan membangun sistem pelayanan berbasis digital dan dapat diakses dari mana saja, sehingga masyarakat lebih efektif dari sisi waktu dan kinerja staf kelurahan menjadi efisien dengan bantuan teknologi yang memudahkan dalam pelayanan administrative terhadap kebutuhan dokumen penduduk. Sistem dibangun dengan model waterfall dan framework codeigniter berbasis web. Dengan system yang dibuat ini mampu meningkatkan pelayanan t lebih cepat, tepat dan efektif.