Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Non Pns Pada Kementerian Komunikasi Dan Informatika Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Penulis

  • Danu Risananto Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/justian.v3i1.1341

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan , Penerimaan Pegawai, Metode Simple Additive Weighting

Abstrak

Proses penerimaan calon pegawai Non PNS pada Kementerian Komunikasi dan Informatika sejauh ini dilakukan dengan beberapa tahapan mulai dari review data diri pelamar, wawancara hingga rangkaian test yang harus dilakukan. Akan tetapi dalam prosesnya pada beberapa kasus tidak mempertimbangkan beberapa dari kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga memungkinkan adanya ketidakseimbangan dalam melakukan penilaian kualitas calon karyawan. Dalam mendukung proses penerimaan karyawan diperlukan sebuah sistem untuk menunjang keputusan yaitu dengan membuat sebuah program aplikasi sederhana sebagai hasil luaran. Sistem yang akan dirancang merupakan sistem pendukung keputusan untuk menghasilkan sebuah rekomendasi yang sesuai dengan keinginan pihak manajemen. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Simple Addictive Weighting (SAW). Hal ini dikarenakan metode Simple Addictive Weighting mampu melakukan penyeleksian secara alternatif terbaik dari sejumlah alternatif-alternatif yang ada. Metode Simple Additive Weighting dapat membantu menghasilkan alternative keputusan yang terbaik dalam pengambilan keputusan penerimaan Pegawai Non PNS . Dan dari alternative tersebut sesuai dengan kriteria dalam menyeleksi pegawai non pns. Dengan menggunakan aplikasi output javascript, proses pengolahan data pada penerimaan pegawai non pns dapat menghasilkan nilai yang objectif, efisien dan akurat.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Risananto, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Non Pns Pada Kementerian Komunikasi Dan Informatika Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 32-37. https://doi.org/10.31294/justian.v3i1.1341