Program Humas Dinas Kominfo Dan Kehumasan Pemprov Dki Jakarta Dalam Memonitoring Berita
DOI:
https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.482Keywords:
Humas Programe, Monitoring Media, NewsAbstract
Pentingnya menjaga komunikasi eksternal dan internal dalam menumbuhkan kepercayaan publik kerap disadari oleh humas Pemprov DKI Jakarta, beberapa media lokal maupun nasional merupakan mitra Pemprov DKI Jakarta dalam mampublikasikan informasi-informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Pemprov DKI Jakarta kepada publik nasional maupun publik Jakarta khususnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program Humas Dinas Komunikasi Informatika Dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta Dalam Memonitoring Berita Di Wilayah DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan situasi dan keaadaan yang dijalankan sesuai dengan kondisi apa adanya. Hasil dari penelitian ini adalah program yang dijalankan Humas dalam melakukan monitor terhadap pemberitaan dalam media dilakukan dengan menggunakan pendekatan praktis dalam memonitor media. Salah satu teknik yang paling terkenal, namun sudah jadul, adalah clip counting atau kliping. Untuk mengetahui puas atau tidak publik kepada Pemprov DKI Jakarta, Humas DKI sangat berperan penting untuk menginformasikan dan menanggapi pemberitaan yang ada di Pemprov DKI Jakarta melalui media.
Â
References
Ardiantono. Elvinaro. 2008. Public Relations Praktis. Widya Padjajaran
Fitriansyah, F., & Aryadillah. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala, 20(2), 111–117.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Krosyantomo. Rahmat. 2010. Tehnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Praenada Media Group
Ruslan Rosadi. 2005. Manajemen Relations dan Media Kemunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lexy J. Meleong. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Soemirat. Soleh. Dan Elvarinaro Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations: Konsepsi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jefkins. Frank. 2007. Public Relations. Jakarta: Erlangga
Ruslan Rosadi. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Public Relations: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya
Effendy. Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rsdakarya