Membangun Brand Positioning Melalui Komunitas Daring

Authors

  • Aprilina Prastari Universitas Bakrie

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v5i1.3350

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana pemilik brand memanfaatkan komunitas dalam membangun brand positioning. Komunitas yang dipilih dalam penelitian ini adalah komunitas yang lebih banyak menggunakan social media dalam berpromosi atau melakukan kegiatan komunikasi dengan target marketnya. Selain untuk membangun brand positioning, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana pemilik brand mengelola komunitas dan menggerakkan anggota-anggota komunitas untuk mempromosikan merek tersebut ke luar komunitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk membangun brand positioning yang kuat, pemilik brand perlu mengomunikasikannya secara jelas dan konsisten, memiliki daya saing dibanding kompetitornya dan kredibel. Dalam mengelola komunitas online, pemilik brand juga perlu memerhatikan kualitas isi sehingga bermanfaat bagi anggota-anggotanya.

 

References

Aditya, Adrinus., Beni Bevly., et. al. (2013) Social Media Nation. 15 Inspirasi Berjejaring Sosial. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Ardianto, Eka. (2008). Komunitas Konsumen. Teori dengan Pendekatan Antropologi. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Bryan, Ian. (2004). Community-Oriented Marketing. USA: iUniverse. Inc.

Chaffey, Dave., Fiona Ellis-Chadwick., Richard Mayer., & Kevin Johnston. (2009). Internet Marketing. Strategy, Implementation and Practice. UK: Prentice Hall.

Dahlen, Micael, Fredrik Lange., & Terry Smith. (2010). Marketing Communication. A Brand Narrative Approach. UK: Wiley.

Daymon, Christine., Immy Halloway. (2008). Riset Kualitatif dalam Public Relations and Marketing Communications. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Denzin, Norman K., Lincoln, Yvonna S. (2009). Handbook of Qualitative Research. (Dariyanto, Badrus S. Fata, Abi, John Rinaldi, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Duncan, Tom. (2002). IMC Using Advertising and Promotion to Build Brands. New York: McGraw Hill.

Hennink, Monique., Inge Hutter, Ajay Bailey. (2011). Qualitative Research Methods. London: Sage.

Hooley, Graham., Nigel Piercy., & Brigitte Nicoulaud. (2008). Marketing Strategy and Competitive Positioning. UK: Prentice Hall.

Kartajaya, Hermawan., Yuswohady., Jacky Mussry., & Taufik. (2005). Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning-Diferensiasi-Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan. (2010). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Rhenald. (1998). Membidik Pasar Indonesia. Segmentasi, Targeting dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keller, Kevin Lane. (2008). Strategic Brand Management. Building, Measuring and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson.

Kotler, Philip. (2000). Marketing Management. USA: Prentice Hall.

Patton, Michael Quinn. (1990). Qualitative Research and Evaluation Methods. USA: Sage Publication.

Poerwandari, Kristi. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Poynter, Ray. (2010). The Handbook of Online and Social Media Research. Tools and Techniques for Market Researchers. UK: Wiley.

Ries, Al and Jack Trout. (2002). Positioning: The Battle for Your Mind. (Bertha Lusia, Penerjemah). Jakarta: Salemba Empat.

Safko, Lon and David K Brake. (2009). The Social Media Bible. Tactics, Tools and Strategies for Business Success. New Jersey: Wiley.

Downloads

Published

2024-05-05

Issue

Section

Articles