Efektifitas Brand Community Momacademy Di Instagram Terhadap Pengetahuan Perempuan Dalam Pemanfaatan Media Sosial

Authors

  • Rahajeng Puspitosari Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Sophia Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v5i1.3336

Abstract

Berkembangannya media sosial yang saat ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan sebagai media hiburan, informasi dan pengembangan diri tentunya menuntut pengguna media sosial cerdas memanfaatkan media sosial kususnya perempuan dimana masih banyak kendala dan keterbatasan kaum perempuan untuk memanfaatkan media sosial kususnya Instagram untuk dimanfaatkan sebagai media yang membangun produktifitas perempuan guna meningkatkan kualitas ekonomi keluarga. Hadirnya @momacademy   sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan perempuan untuk membangun keterampilan dan memperkuat citra diri perempuan melalui proses penyadaran dan pendidikan sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selain itu @momacademy   membangun image melalui brandicommunity perempuan yang tertarik untuk meningkatkan kualitas diri dengan memanfaatkan media sosial instagram. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brandicommunity @momacademy   terhadap pengetahuan perempuan dalam pemanfaatan media sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survey pada 280 responden yaitu dari populasi pengikut Instagram @momacademy   yang menjadi anggota komunitas @momacademy   dengan Teknik quota. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efektifitas brand community @momacademy di Instagram terhadap pengetahuan perempuan dalam pemanfataan media sosial artinya tingkat pengetahuan perempuan bertambah dalam memanfaatkan keterampilan mengelola media sosial sebagai media bisnis dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Dengan mengikuti pelatihan dan pendampingan pengelolaan media sosial responden merasakan bahwa dampak dari @momacademy menjadikan mereka perempuan mandiri dan lebih bernilai. Saran dari penelitian ini adalah brand community dapat dijadikan strategi public realations untuk meningkatkan reputasi perusahaan karena dengan brand community yang berazaskan keterikatan emosional dan kesamaan kesukaan memudahkan untuk memilih segmentasi dalam membangun awareness pada suatu produk atau perusahaan.

References

Bungin Burhan. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group, Jakarta

Daniela Anggita Kristi Purba. (2015). Peran Brand Community dalam Pembentukan Minat Beli Ulang Konsumen jurnal Manajemen (JAM) Vol 13 No 1, 2015 Terindeks dalam Google Scholar

Kalman, D.M. (2015). Brand Communities, Marketing, and Media. Terella Media, Inc

Luis, C., et.al. (2017). The Impact of Participation in Virtual Brand Communities on Consumer Trust and Loyalty: The Case of Free Software, Online Information Review 31,6: 775-792

Latipah, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha. Comm-Edu (Community Education Journal) 3(1), 83-90.

Melissa, E., Hamidati, A., Saraswati, M. S., et al. (2015). The internet and Indonesian women entrepreneurs: Examining the impact of media sosial on women empowerment. Dalam A. Chib, J. May, & R. Barrantes (Eds.), Impact of information society research in the global south. (pp. 203-222). New York: Springer

Muniz, A. M. O’Guinn, T. C. (2018). Brand Community, Journal of Consumer Research 27: 412-432

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles