Pemanfaatan Instagram SMK Sejahtera Sebagai Media Promosi Sekolah

Authors

  • Putri Nurmalasari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yusmawati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Riastri Novianita Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v4i2.2718

Keywords:

Instagram, Humas, Media Sosial, Media Promosi

Abstract

Instagram adalah media sosial yang penggunanya semakin meningkat dan telah banyak dimanfaatkan sebagai media promosi perusahaan, organisasi dan lembaga pendidikan. Salah satunya humas SMK Sejahtera yang memanfatkan instagram sebagai media promosinya melalui aktifitas sekolah yang bertujuan untuk membuat SMK Sejahtera semakin dikenal, membentuk citra positif dan meningkatkan minat calon siswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan instagram oleh humas SMK Sejahtera Sebagai media promosi sekolah. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah SMK Sejahtera memanfaatkan instagram sebagai media promosi karena Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan, mudah digunakan dan memiliki keunggulan dalam segi fitur dibandingkan dengan sosial media lainnya. Fitur instagram yang dimanfaatkan oleh Humas SMK Sejahtera yaitu Fitur Kamera, Fitur Editing, Fitur Feeds, Fitur Insta story, Fitur Live on Instagram, Fitur Direct Message, dan  Reels. Dengan memanfaatkan instagram makan dirasakan dampaknya yaitu SMK Sejahtera semakin dikenal banyak orang, minat masyarakat yang tinggi. Terbukti dari followers instagram SMK Sejahtera saat ini sudah mencapai 5.913 followers.

Kata kunci: Instagram, Humas, Media Sosial, Media Promosi.

 

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Alifah, F., & Sutirna, S. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Andany, S. R. A. (2020). Upaya Guru Dalam MengatasiDiferensiasi Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 1 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dewi, M. S. (2022). Perancangan Sistem Informasi dan Pemasaran Pariwisata Sebagai Media Promosi pada Kabupaten Kepulauan Mentawai Berbasis Web.

Eisyiah, N. (2017). Strategi Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 5- 7.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Hakim, T. D., Amelia, V., & Monika, W. (2021). PKM Penyuluhan Internet Sehat Di SMK Telkom Pekanbaru. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 51-59.

Madeira, P. S. D. (2022). Kadar Glukosa Darah Pada Lansia Di Kelurahan Pendem Kabupaten Jembrana Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Polieknik Kesehatan Denpasar Jurusan Teknologi Laboratorium Medis 2022).

Mahendra, I. T. (2017). Peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian remaja usia 12-17 tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi (Bachelor's thesis, fitk).

Ningsih, R. E. (2020). Perancangan Aplikasi Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: Prodi Teknik Informatika- Uniks). JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK), 3(1), 239-250.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., & Novianti, E. (2022). Analisis strategi humas pemerintahan era milenial dalam menghadapi tata kelola informasi publik. PRofesi Humas, 6(2), 286-310.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Salafudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Pada Taman Baca Widya Pustaka Kabupaten Pemalang (Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sitorus, D. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Tiptl Di Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Ta 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED)

Situmeang, Ilona V. Oisina. (2020). Media Konvensional dan Media Online. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunardiyah, M. A., Wibawa, S., & Nisa, A. F. (2022, May). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar pada Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 159-164).

Wesfix, Tim. (2018). Public Relations itu “Dipraktekin”. Jakarta: PT. Grasindo.

Published

2024-02-28