Jurnal Media Penyiaran http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp <p>Jurnal Media Penyiaran (JMP) pertama kali publikasi tahun 2021 dengan nomor ISSN (Elektonik): <a title="issn" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210615540840521" target="_blank" rel="noopener">2797-8095</a> yang diterbitkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).</p> <p>Jurnal Media Penyiaran (JMP) adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Penyiaran Fakultas Komunikasi Dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Media Penyiaran (JMP) terbit berkala pada bulan Juni dan bulan Desember.</p> <p>Redaksi Jurnal Media Penyiaran menerima artikel ilmiah dan hasil peneliitian pada bidang media penyiaran seperti televisi, radio, dan new media (website, blog, dan media sosial).</p> <p>Copyright, plagiarsme, isu, dan konten dalam artikel atau hasil penelitian menjadi tanggung jawab penuh penulis, tim redaksi JMP tidak bertanggung jawab atas hal tersebut.</p> en-US jurnal.jmp@bsi.ac.id (JMP) intan.ila@bsi.ac.id (Intan Leliana) Mon, 18 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Tim Kreatif Program Family 100 Dalam Menyusun Soal Untuk Menarik Minat Penonton Televisi http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2893 <p><em>Family</em> 100 adalah program televisi format kuis milik rumah produksi Fremantle yang sudah tayang dari tahun 1996, dan sekarang hadir kembali di MNCTV dengan host Irfan Hakim yang tayang setiap hari pada jam 19.30 untuk menghibur masyarakat. Karena kuis ini banyak menarik minat penonton televisi untuk ikut menjawab soal yang dimainkan, maka peneliti tertarik untuk membahas tentang Peran Tim Kreatif Dalam Menyusun Soal Untuk Menarik Minat Penonton televisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Juga menggunakan teori fungsi komunikasi massa menurut Effendy dan ciri-ciri orang kreatif menurut Ahmad yang dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Dan dari proses tersebut diketahui bahwa peran Tim Kreatif dalam menyusun soal bersangkutan dengan aspek-aspek kognitif dan afektif bahwa seorang Kreatif mempunyai kemampuan lancar dalam berpikir, menilai, dan bertindak dengan sikap juga perasaan. Sedangkan minat penonton televisi untuk menonton <em>Family</em> 100 didasari oleh teori Effendy bahwa komunikasi massa memiliki fungsi sebagai informasi, pendidikan, mempengaruhi, dan menghibur. Tim Kreatif selalu mencocokan antara soal dengan peserta agar soal yang dimainkan bisa relate dan hal tersebut yang bisa membuat tayangan menarik sehingga penonton betah untuk menonton <em>Family</em> 100 di televisi.</p> A Munanjar, Fathia Azzahra Copyright (c) 2023 A Munanjar, Fathia Azzahra http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2893 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0700 Strategi Komunikasi Beat Radio Dalam Menarik Minat Pendengar Di Era Digital http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2777 <p>Era digital merupakan suatu masa dimana sebagian besar masyarakat pada era tersebut menggunakan sistem digital dalam kehidupan sehari-harinya. Saat ini banyak masyarakat yang menggunakan internet dikehidupan sehari-hari seperti membaca buku, membaca berita, hingga berbelanja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi strategi komunikasi yang digunakan beat radio dan mengetahui apa saja strategi komunikasi yang dilakukan beat radio untuk menarik minat pendengar. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R menunjukan bahwa komunikasi merupakan sebuah proses reaksi-aksi.Pendekatan ini dijadikan sebagai peninjau dalam menganalisis terkait strategi komunikasi radio. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, ada dua hasil yang diperoleh dari tulisan yang dijelaskan pada jurnal ini. Yang pertama, beat radio melakukan strategi komunikasi dengan beberapa tahap yaitu perencanaan, tujuan, pesan dan media yang digunakan. &nbsp;Kedua, beat radio melakukan strategi komunikasi dengan mengikuti komunitas atau menjalin kerjasama untuk mendapatkan pendengar, selain itu beat radio melakukan strategi dengan memanfaatkan media sosial yang sering di gunakan oleh masyarakat, seperti <em>Instagram, Youtube, Twitter</em>, <em>TikTok</em>, dan juga aplikasi streaming beatradio.id<em>.</em></p> Dhika Widyaningsih, Iin Soraya, Arina Muntazah Copyright (c) 2023 Dhika Widyaningsih, Iin Soraya, Arina Muntazah http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2777 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0700 Strategi Tim Kreatif Program “Kok Bisa Viral” Di Nusantara Tv Dalam Menarik Minat Khalayak http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2436 <p>Komunikasi massa memiliki khalayak yang luas, rancangan yang kuat, dan daya tarik yang luas. Pengelola stasiun penyiaran harus sekreatif mungkin agar bisa menghasilkan berbagai program acara yang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tim kreatif program acara “Kok Bisa Viral” di NTV membuat penonton tertarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif kualitatif dan teori AIDDA. Sampling digunakan untuk memilih 4 individu untuk penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kriyantono mengatakan bahwa model kualitatif yang digunakan dalam analisis data penelitian. Terdiri sudut penyusunan program, penentuan target, eksekusi penyusunan program, dan memimpin penilaian dan evaluasi. Kembangkan perencanaan program, yang mencakup pemilihan format konten program yang menarik dan memenuhi kebutuhan audiens. Selain itu, pengelola program bertugas menjalankan rencana program yang dikembangkan selama produksi program. Termasuk rencana program yang sesuai rencana yang disepakati. Tentukan tujuan program atau target audiens. Tim kreatif menentukan apakah audiens target akan menonton atau mendengarkan program tersebut. Merencanakan program untuk pelaksanaan ntuk menetapkan jadwal siaran, pengelola program mencapai kesepakatan semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan program. Melakukan pengawasan dan evaluasi program. Sebuah acara yang sudah tayang dan dinikmati oleh penonton dievaluasi kembali untuk melihat apakah bisa membuat orang minat untuk menyaksikan.</p> Muchamad Rafli Syauqi, Lukman, M.M., M.I.Kom, Novalia, M.I.Kom Copyright (c) 2023 Muchamad Rafli Syauqi, Lukman, M.M., M.I.Kom, Novalia, M.I.Kom http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/2436 Mon, 26 Feb 2024 00:00:00 +0700 Strategi Marketing Public Relation Traveloka Dalam Promosi Pemesanan Hotel Menggunakan Awkarin sebagai Key Opinion Leader http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/3354 <p><em>In contemporary times, the accessibility of news through social media and the proliferation of influential figures known as Key Opinion Leaders (KOLs) have rendered KOL services indispensable in realizing marketing public relations strategies. This article delves into the utilization of KOLs and social media platforms by Traveloka, a leading technology company in Southeast Asia, to enhance its marketing public relations endeavors. Through an examination of Traveloka's strategies, particularly its collaboration with the KOL Awkarin, this study sheds light on the framing and agenda-setting techniques employed to shape public perception and awareness. Furthermore, it explores the effectiveness of these strategies in influencing public opinion and driving engagement, particularly among the 18-30 age demographic. The findings underscore the significance of social media as a potent tool for reaching target markets and enhancing brand visibility. Through qualitative analysis and a constructivist paradigm, this study offers insights into the evolving landscape of marketing public relations in the digital age, highlighting the symbiotic relationship between companies, KOLs, and social media platforms in shaping consumer behavior and perceptions</em></p> Sendy Yunisa Rizki, Amalina Copyright (c) 2023 Sendy Yunisa Rizki, Avinasiwi Amalina http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jmp/article/view/3354 Tue, 23 Apr 2024 00:00:00 +0700