Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Gaya Komunikasi Manajer Restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah
DOI:
https://doi.org/10.31294/jmp.v1i2.897Abstract
Dalam suatu perusahaan, peran manager sebagai seorang pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola organisasi. Oleh karena itu, komunikasi organisasi yang didalamnya terdapat komunikasi kepemimpinan perlu diterapkan seorang manager dalam upaya meningkatkan kinerja terhadap karyawan (bawahannya). Sehingga berpengaruh terhadap motivasi kerja dan peningkatan penjualan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya komunikasi Resto Manager (RM) Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan. Adapun teori-teori yang digunakan adalah komunikasi organisasi, komunikasi kepemimpinan, gaya komunikasi, motivasi kerja, serta tinjauan pustaka terkait restoran Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumplan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan data primer (wawancara mendalam / indepth interview dan observasi) dan data sekunder (dokumentasi foto, struktur organisasi, dan kepustakaan).Hasil Penelitian pada Resto Manager Nanny’s Pavillon Mall Cipinang Indah adalah gaya kepemimpinan yang bersifat Demokratis. Resto Manager menerapkan sikap gaya kepemimpinan demokratis kepada para karyawannya dalam operasional kerja. Sikap demokratis terlihat dari sikap Resto Manager yang menerima masukan, saran maupun ide dari para karyawan. Ketika terjadi suatu permasalahan di restoran, seorang Resto Manager melibatkan para karyawannya dalam pengambilan keputusan.