Collaborating Report Dalam Penyajian Berita Pada Media Online Indozone.id Dengan Sumber Sosial Media

Authors

  • Fahmy Fotaleno Universitas Bina Sarana Informatik
  • Anna Kurniawati Universitas Sahid Jakarta
  • Rina Raflina Universitas Sahid Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31294/jmp.v1i1.392

Keywords:

Berita, Sosial Media, Media Online, Media baru

Abstract

Penelitian ini berusaha menjawab bagaimana collaborating report dalam penyajian Berita di Indozone.id dengan sumber sosial media. Mengutip konten media sosial ke dalam sebuah berita sejatinya merupakan fenomena kontemporer jurnalisme yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan fenomena sosial media khususnya info viral telah merambah ke dalam media berita online, tidak hanya media-media online yang baru tumbuh (start up) bahkan media massa lama menggunakan informasi yang sedang viral di sosial media menjadi sumber informasi. Fenomena ini menimbulkan adanya perubahan dan pergeseran bagi media massa konvensional. Indozone.id sebagai media online yang tergolong baru dengan usianya yang baru beranjak 1 tahun, cukup menarik perhatian. Pasalnya, dengan usia yang masih sangat muda, Indozone.id sudah bisa masuk dalam 50 besar media di Indonesia berdasarkan peringkat di situs Alexa.com. Hal ini tidak terlepas dari bagaimana Indozone.id memanfaatkan sosial media sebagai salah satu rujukan atau sumber dalam mengelola dan membuat berita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi studi kasus.

Downloads

Published

2021-06-08

Issue

Section

Articles