Strategi Polresta Depok dalam Pemanfaatkan Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.31294/jmp.v1i1.391Keywords:
strategi, Media Digital, Halo PolisiAbstract
Pada era digital saat ini, perkembangan media komunikasi dan informasi juga mulai memanfaatkan teknologi digital. Dapat dilihat dari banyaknya pengguna smartphone. Hal ini menjadi tantangan perusahaan atau instansi agar dapat menggunakan media digital untuk aktifitas profesionalnya. Karena media digital dianggap mampu mempermudah dan mempercepat interaksi perusahaan atau instansi dengan para stakeholdernya. Karena itu Polresta Depok coba memanfaatkan perkembangan media digital dengan membuat aplikasi Halo Polisi. Aplikasi dapat diunduh melalui Google Playstore. Dengan aplikasi Halo Polisi, warga Kota Depok dapat berinteraksi dengan anggota Kepolisian hanya dengan menggunakan smartphone. Penulis melakukan penelitian di Polresta Depok dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang datanya dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Polresta Depok melalui pemanfaatan media digitalnya berhasil membentuk loyalitas pelanggan melalui aplikasi Halo Polisi. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya warga yang mengunduh aplikasi Halo Polisi dari tahun 2017 dan hingga saat ini masih menyimpan aplikasi tersebut di smartphone mereka. Tetapi strategi dan taktik yang digunakan Polresta Depok dalam membentuk loyalitas pelanggan belum menjangkau target khalayak secara keseluruhan, serta media sosial yang digunakan belum dimanfaatkan secara maksimal.