Gaya Hidup Remaja Melalui Sosial Media Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.31294/jmp.v2i1.1282Keywords:
Gaya hidup, Media sosial, MahasiswaAbstract
Semakin majunya perkembangan internet sehingga berbagai macam sosial media bermunculan saat ini, salah satunya adalah TikTok. Penelitian ini membahas mengenai TikTok, Karena TikTok merupakan aplikasi musik Tiongkok yang merupakan platform video pendiri Toutiao pada September 2016. Dimana aplikasi untuk membuat video musik pendek, sehingga banyak orang bisa membuat video mereka sendiri. Ditambah lagi kondisi saat pandemi covid-19 dimana di Indonesia dan di seluruh dunia yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. guna mencegah penularan virus mengharuskan melakukan lockdown dan work from. Salah satu aplikasi yang disukai dan popular saat ini merupakan TikTok yang hampir di seluruh kalangan menyukainya. Asumsi awal dari teori Uses and Gratification adalah Teori tersebut menjelaskan mengapa konsumen menggunakan media tertentu dan apa fungsi media tersebut bagi mereka (Katerattanakul, 2002) Paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif serta metode survei kepada responden dan dengan jumlah sampel 69 orang dari populasi berjumlah 83 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi dan bahasa Angkatan 2019 Universitas Bina Sarana Informatika Cabang Kalimalang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat adanya pengaruh gaya hidup remaja dengan sosial media TikTok.