Visualisasi AI Untuk Pertumbuhan Pendapatan Vending Machine
DOI:
https://doi.org/10.31294/jais.v4i2.5089Keywords:
Analisis data, Pendapatan, Vending machine, BigQuery, LookerStudioAbstract
Pengunaan AI (Artificial Inteligent) dalam tiga tahun terakhir pasca covid 19 mendapatkan perhatian yang sangat besar. Sebagian masyarakat Indonesia mulai mempelajari bigdata dan juga Artificial Inteligen yang memliki pengaruh besar dikehidupan masa depan. Dengan memanfaakan pengetahuan dibidang Artificial Intelligent penulis akan menyelesaikan masalah akutansi yang dialami oleh beberapa perusahaan yang memiliki produk vending machine. Karena pada tahun 2022 ditemukan penurunan rata-rata pendapatan atau biasa kita sebut Average Monthly Growth. Penelitian ini bertujuan menganalisis kinerja penjualan vending machine pada yang menunjukkan penurunan rata-rata pertumbuhan revenue bulanan (Average Monthly Growth) sebesar 9,10% pada 6 bulan terakhir dari bulan juli hingga desember pada tahun tersebut, menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbasis pada studi dokumen. Pengolahan visual data akan dioleh menggunakan BigQuery d an juga Looker Studio. Dengan adanya data yang akurat dan handal diperoleh beberapa faktor keberhasilan peningkatan pendapatan vending machine. Factor pertama adalah peningkatan personalisasi pengalaman berbelanja, implementasi program loyalitas, optimalisasi strategi penjualan musiman, dan memanfaatkan strategi bundling produk.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indira Dwi Rahma, Taufik Hidayatulloh, Lestari Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.