Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Di Loukoumanna Store Dengan Metode Scrum

Authors

  • Angela Putri Felisha Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ervina Dinda Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nadira Universitas Bina Sarana Informatika
  • Siti Dalfa Universitas Bina Sarana Informatika
  • Siti Masripah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jais.v5i1.4609

Abstract

Abstrak - Sistem informasi akuntansi merupakan bagian yang sangat penting untuk meningkatkan efisiensi organisasi dan mendukung daya saing dengan menyediakan informasi keuangan dan akuntansi bagi manajemen. Loukoumanna Store, yang bergerak dalam bidang makanan/snack yakni gelato, berdasarkan observasi dari data yang dikumpulkan, ditemukan bahwa pencatatan dan pengolahan data stok serta pencatatan transaksi pembelian masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi akuntansi pembelian, yang menggunakan metodologi yang berpedoman pada System Development Life Cycle (SDLC) yang mencakup tahapan perencanaan, analisis, desain, dan implementasi sistem. Penelitian ini menerapkan metodologi dalam kerangka kerja Agile, yakni Scrum. Dengan adanya sistem informasi akuntansi ini, diharapkan dapat menjadi solusi yang baik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Loukoumanna Store, serta memberikan nilai tambah yang signifikan dengan meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan serta pengolahan data pembelian.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Efisiensi, Scrum, Pembelian.

 

Abstract - Accounting information systems are a very important part of increasing organizational efficiency and supporting competitiveness by providing financial and accounting information for management. Loukoumanna Store, which operates in the food/snack sector, namely gelato, based on observations from the data collected, it was found that recording and processing stock data as well as recording purchase transactions was still done manually. This research aims to design a purchasing accounting information system, which uses a methodology guided by the System Development Life Cycle (SDLC) which includes the stages of planning, analysis, design and system implementation. This research applies methodology in the Agile framework, namely Scrum. With this accounting information system, it is hoped that it can be a good solution to solve existing problems at the Loukoumanna Store, as well as provide significant added value by increasing the efficiency and accuracy of recording and processing purchase data.

 

Keywords: Accounting Information System, Efficiency, Scrum, Purchase.

Downloads

Published

2024-06-01

How to Cite

Felisha, A. P., Dinda, E., Nadira, Dalfa, S., & Masripah, S. (2024). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Di Loukoumanna Store Dengan Metode Scrum. JAIS - Journal of Accounting Information System, 5(1), 7-15. https://doi.org/10.31294/jais.v5i1.4609

Issue

Section

Articles