Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Air Isi Ulang (Studi Kasus: CV. Samudra Buana Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.31294/jais.v3i1.2333Keywords:
Rancang Bangun, Sistem Informasi, Penjualan, Air Isi Ulang, WaterfallAbstract
Air merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari semua makhluk hidup. Tubuh manusia sendiri terdiri dari 60-70% air. Berdasarkan analisis, CV. Samudra Buana adalah perusahaan yang menjual air isi ulang per galon dan menjual air minum per galon. Sekitar 50 galon air terjual setiap hari. Dalam pencatatan transaksi masih belum memiliki sistem yang terkomputerisasi sehingga pengolahan data penjualan galon menjadi tidak efisien karena informasi yang didapat tidak maksimal, data mudah hilang dan rusak, laporan angka penjualan harian dan bulanan tidak konsisten dan jumlah produk yang tersedia tidak sama dengan yang tertera di buku. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sistem informasi penjualan yang terkomputerisasi. Oleh karena itu dibuatlah sistem informasi dengan database terstruktur komputer pada CV. Samudra Buana menggunakan model waterfall sebagai metodologi pengembangan perangkat lunak, dan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dengan sistem yang dikembangkan ini, pemilik dapat dengan mudah mencatat setiap transaksi dan menghasilkan laporan penjualan bulanan. Dengan bantuan sistem point-of-sale yang terkomputerisasi ini, diharapkan kekurangan yang ada pada bisnis dapat diatasi dengan layanan informasi yang tepat waktu, akurat dan efisien.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dini Nurlaela, Lila Dini Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.