http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/issue/feed Jurnal Administrasi Bisnis 2021-05-17T10:04:16+07:00 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika jurnal.jab@bsi.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Administrasi Bisnis</strong> pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No <a title="eissn" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210417400445234" target="_blank" rel="noopener">2776-2807</a> dari LIPI Indonesia</p> <p><strong>Jurnal Administrasi Bisnis</strong> merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Strategi, Administrasi Bisnis/Niaga, dan Kewirausahaan. </p> <p>Artikel yang dikirimkan harus memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara <em>online</em> atau versi cetak sebelumnya.</p> <p>Jurnal Administrasi Bisnis terbit 2 kali setahun (Mei dan November)</p> http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/296 Evaluasi Strategi Marketing Bisnis Ritel Skala Kecil Tradisional Kota Purwokerto Di Masa Pandemi Covid-19 2021-03-25T16:48:13+07:00 Angestika Wilandari angetsikawbsi@gmail.com Yudistira Andi Permadi permadiandi@gmail.com <p>Kehadiran bisnis ritel modern skala menengah berbentuk <em>minimarket </em>cukup populer di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto. Berdasarkan tinjauan pustaka, kehadiran <em>minimarket </em>berpengaruh negatif terhadap jumlah kunjungan konsumen, pendapatan, serta omzet bisnis ritel skala kecil tradisional seperti toko kelontong, kios, ataupun warung pengecer. Data Dinas Perdagangan Kabupaten Banyumas menunjukkan terdapat sekitar 150 UMKM dengan termasuk di dalamnya pelaku usaha ritel skala kecil yang menjadi potensi usaha bisnis ritel skala kecil tradisional. Dengan demikian kehadiran <em>minimarket </em>menjadi tantangan alami bagi usaha ritel skala kecil di Kota Purwokerto yang cukup banyak. Tidak hanya faktor kehadiran <em>minimarket</em>, masa pandemi juga menjadi tantangan bagi eksistensi toko kelontong, kios, serta warung pengecer di Kota Purwokerto. Berbagai macam strategi telah dilakukan, namun belum ada evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer di Kota Purwokerto. Menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta pembagian kuisioner, peneliti ingin melakukan kajian tentang evaluasi strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer selama masa pandemi di Kota Purwokerto.</p> <p> </p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Bisnis http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/299 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PADA KANTOR UNIT PTSP KOTA ADMINSTRASI JAKARTA BARAT 2021-03-24T09:45:45+07:00 Nur A’yanil Jannah nur.a.janah@gmail.com Syukron Sazly syukronsazly@gmail.com Ferry Kartawijaya ferry.frk@bsi.ac.id <p>Memimpin dengan gaya kepemimpinan yang tepat dan disukai para pegawai mampu meningkatkan motivasi kerja. Semakin banyak pegawai yang memiliki motivasi kerja yang tinggi, maka tujuan yang ditetapkan perusahaan dengan cepat terlaksana sehingga perusahaan mampu bertahan dalam persaingan global. Sehubungan dengan hal tersebut, faktor kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Berkaitan dengan hal tersebut, Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat merupakan instansi pemerintahan yang bergerak pada layanan masyarakat perlu gaya kepemimpinan tepat untuk diterapkan oleh pimpinan karena hal itu dapat memberikan motivasi kepada pegawai untuk bekerja dan menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi dengan metode penelitian kuantitatif yaitu pengolahan data dengan menggunakan uji statistik. Data yang diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang disebar kepada 30 responden pada Kantor Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Administrasi Jakarta Barat dan diolah menggunakan SPSS 21 menyatakan bahwa kuesioner tersebut valid dan realiabel. Hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,660 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai sebesar 43,6%. Dari hasil penelitian koefisien regresi yang terbentuk adalah Y=17,143+0,548X.</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Bisnis http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/320 Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan Republika 2021-03-29T22:11:06+07:00 Rakhmat Hadi Sucipto rakhmat.rac@bsi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja Koperasi Karyawan (Kopkar) Republika, mengidentifikasi posisi koperasi dengan analisis Matriks Internal Eksternal dan <em>Grand Strategy Matrix</em>, serta menemukan alternatif strategi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kinerja koperasi tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bantuan analisis SWOT yang dikembangkan untuk mengidentifikasi <em>Strategic Factor Analysis Summary</em> (SFAS). Dengan SFAS ini, bisa diketahui <em>Internal Factor Analysis Summary</em> (IFAS) dan <em>External Factor Analysis Summary</em> (EFAS). Hasil penelitian menunjukkan, ada banyak kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari faktor eksternal terhadap Kopkar Republika. Meski demikian, Kopkar Republika masih mampu mengelola faktor-faktor tersebut yang ditunjukkan dengan posisinya pada kelompok tumbuh dan bangun pada Matriks Internal Eksternal serta Kuadran I <em>Grand Strategy Matrix</em>. Kekuatan utama koperasi terletak pada anggota, sementara kelemahannya adalah anggota yang terbatas bagi karyawan perusahaan serta sarana dan prasarana koperasi kurang memadai. Peluang terbesar adalah adanya tawaran kerja sama dari pihak luar, termasuk dari kompetitor. Ancaman yang paling nyata dan umum terjadi adalah persaingan yang makin ketat dari para peritel mapan. Faktor kunci utama keberhasilan Kopkar Republika terletak pada kekuatan anggota, kemampuan menjalin kerja sama dengan pihak luar, dan mengatasi persaingan yang makin ketat</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Bisnis http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/315 Pelaksanaan Prosedur Perjalanan Dinas Bagi Pegawai PT. ASABRI (Persero) Jakarta 2021-03-27T15:38:30+07:00 Novi Susanti shinnovi@gmail.com Inggit Dessy Susanti inggit.igd@bsi.ac.id Yunita Janah yunita.yjn@bsi.ac.id Andi Putri Djohar Tenri Waru andi.pdt@bsi.ac.id <p>Manajemen pelaksanaan perjalanan dinas yang baik akan memberikan dampak positif bagi pegawai yang mengikuti perjalanan dinas dan juga kelancaran bisnis suatu perusahaan. Banyak sekali tujuan perjalanan dinas diantaranya kunjungan kerja, acara seremonial, rapat umum pemegang saham, kegiatan pendidikan dan latihan maupun sosialisasi yang dibiayai langsung oleh perusahaan. Untuk mengetahui pelaksanaan prosedur perjalanan dinas bagi pegawai pada PT ASABRI (Persero), tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perjalanan dinas maka digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melelui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada PT ASABRI (Persero) sebelum melakukan perjalanan dinas banyak sekali yang harus dipersiapkan seperti mendapat persetujuan Nota Dinas dari Divisi Sumber Daya Manusia, surat perintah perjalanan dinas, transportasi dan akomodasi. Perjalanan dinas pada PT ASABRI (Persero) memiliki tujuan kunjungan kerja ke kantor cabang, sosialisasi dan menghadiri undangan serta pendidikan dan latihan. Di dalam PT ASABRI (Persero) terdapat kendala atau hambatan berupa manajemen waktu pelaksanaan perjalanan dinas.</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Administrasi Bisnis http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/367 Pelaksanaan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Salah Satu Restoran Pizza Di Jakarta Pusat 2021-05-03T18:21:37+07:00 Fera Nelfianti fera.fnf@bsi.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pelaksanaan penilaian kinerja pada salah satu restoran pizza ternama di Jakarta Pusat. Metode analisis menggunakan metode analisis deskriptif. Penilaian Kinerja sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan ataupun untuk karyawan. Keuntungan dari penilaian kinerja bagi perusahaan adalah menjadi tolak ukur untuk mencari karyawan terbaik yang pantas mendapatkan promosi ataupun reward, dan keuntungan untuk karyawan adalah sebagai hasil rapor dari pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah Prosedur penilaian Kinerja yang diterapkan oleh Restoran pizza tersebut sudah cukup baik, hanya saja perlu ada penjadwalan yang jelas untuk melakukan penilaian, restoran pizza ini sendiri juga menginginkan hasil dari penilaian kinerja untuk meminimalisir terjadinya kesalahan operasional dan mencari kualitas-kualitas unggul yang nantinya bisa menjadi penerus leader maupun manajer.</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Fera Nelfianti http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/323 PENGARUH STORE ATMOSPHERE PADA IMPULSE BUYING MELALUI EMOTIONAL RESPON PADA CITRUS BOGOR 2021-03-30T14:03:07+07:00 Vina Islami vina.vii@bsi.ac.id Resti Yulistria resti.res@bsi.ac.id <p>Perubahan dalam bentuk renovasi yang dilakukan oleh Citrus department store Botani Square Bogor, menyebabkan perubahan suasana toko yang ada di toko. Dengan perubahan dalam suasana toko, respons konsumen terhadap lingkungan belanja (respons emosional) juga akan berubah dan mengarah pada pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek positif atmosfer toko dari respons emosional, mengetahui pengaruh positif atmosfer toko terhadap pembelian impulsif, menyelidiki pengaruh respons emosional positif terhadap pembelian impulsif, dan mengetahui respons emosional yang memediasi hubungan toko. atmosfer pada pembelian impulsif. Desain penelitian adalah studi kausal yang melibatkan satu variabel eksogen dan dua variabel endogen. Data penelitian ini adalah data interval dengan data primer melalui kuesioner yang menggunakan skala 5 likert. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural. Temuan penelitian menunjukkan bahwa atmosfir toko memiliki efek positif pada respons emosional, pengaruh atmosfer toko positif terhadap pembelian impulsif, respons emosional pengaruh positif pada pembelian impulsif, dan respons emosional memediasi hubungan atmosfer toko pada pembelian impulsif.</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Vina Islami, Resti Yulistria http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/317 PROSES ADMINISTRASI PEMESANAN BAHAN BAKU PRODUKSI FURNITURE PADA PT RACKINDO SETARA PERKASA JAKARTA 2021-03-29T21:10:33+07:00 Suparman Hi Lawu suparman@bsi.ac.id Ria Andriani ria.rii@bsi.ac.id Nita Kurniasih nitakurniasih12@gmail.com <p>PT Rackindo Setara Perkasa Jakarta adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang <em>furniture</em>. Kegiatan utama dari perusahaan ini ialah memproduksi rakitan <em>meubel </em>dengan berbagai ragam bentuk. Tahap awal kegiatan dalam perusahaan ini adalah melakukan proses pemesanan bahan baku karena berkaitan dengan kelancaran proses produksi. Kegiatan pemesanan baku dapat berjalan dengan efektif dan efisien apabiladitunjang dengan kebijakan dan prosedur yang tepat. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah melalui proses observasi dan wawancara dengan pengumpulan data secara langsung dengan narasumber terkait. Pemesanan bahan baku membutuhkan suatu prosedur yang sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan. Jika tidak sesuai dengan standar dan kebutuhan dari perusahaan, maka perusahaan tidak bisa menghasilkan produk yang maksimal dan akan mengalami kerugian. Faktor permintaan bahan baku adalah kegiatan yang mempengaruhi untuk mengajukan berbagai macam bahan baku untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai. Proses pemesanan bahan baku memegang peran penting dalam operasi bisnis. Pemesanan bahan baku sebagai bekal untuk memulainya suatu proses produksi. Tujuan utama dari pemesanan bahan baku ialah memperoleh bahan baku dengan biaya serendah mungkin dengan kualitas yang sesuai dengan standar. Dan fungsi dari pemesanan bahan baku adalah untuk memastikan bahwa persediaan bahan baku tetap terjaga agar perusahaan dapat terus beroperasi dan mendapatkan laba yang tinggi.</p> <p>Keyword: Prosedur, Pemesanan, Bahan Baku</p> 2021-05-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Suparman HL, S.Sos, M.Si Suparman HL, S.Sos, M.Si, Ria Andriani, Nita Kurniasih http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/334 Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Gemala Kempa Daya) 2021-04-07T16:56:48+07:00 Risnawati Dewi risnawati.dewi@yahoo.com Bryan Givan wintervan8@gmail.com Slamet Heri Winarno slamet.smh@bsi.ac.id <p>Pelaksanaan rekrutmen karyawan sangat penting dalam mencari dan mendapatkan sumber daya manusia yang bermutu dan profesional. PT Gemala Kempa Daya adalah perusahaan investasi swasta <em>domestic</em> yang terjun di bidang otomotif dengan produk utamanya yaitu <em>frame chassis</em> dan <em>press part, </em> dalam melakukan rekrutmen karyawan berdasarkan kebutuhan karyawan setiap tahunnya, karena ada pengurangan karyawan seperti meninggal dunia, pensiun, serta waktu kontrak per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan rekrutmen pada PT Gemala Kempa Daya, dan apa saja kendala yang terjadi serta solusinya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan pengumupulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada PT Gemala Kempa Daya, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi melalui dua cara dalam rekrutmen karyawan, yaitu melalui sumber dari dalam (<em>internal</em>) dan sumber dari luar (<em>eksternal</em>) dengan menggunakan prosedur, antara lain: 1.Identifikasi kebutuhan, 2.<em>People Review</em>, 3.<em>Contigency Plan</em>, 4.Menyusun, merekap rekrutmen, 5.Proses seleksi (seleksi berkas pelamar, tes fisik I, tes fisik II, tes tertulis, tes psikotest, interview, tes kesehatan, <em>training in class</em> ) 6. Menginformasikan hasil seleksi, 7.Penempatan kerja. Kendala yang di hadapi yaitu pelamar yang tidak datang dan kurang teliti mengisi data pribadi di web. Cara mengatasi dengan mencari karyawan melebihi target dan member pengarahan pada pelamar.</p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Risnawati Dewi, Bryan Givan, Slamet Heri Winarno http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/319 Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pusat PT. Gotrans Logistics International Jakarta Timur 2021-03-29T15:14:33+07:00 Mega Astuti megaastuti@bsi.ac.id Instianti Elyana instianti.iny@bsi.ac.id Haryani Haryani haryani.hyi@bsi.ac.id 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Mega Astuti, Instianti Elyana, Haryani Haryani http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jab/article/view/382 Prosedur Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Griya Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mayestik Jakarta 2021-05-17T10:04:16+07:00 Yunita Putri yunitaputri275@gmail.com I Ketut Martana ketut_mart@yahoo.com <p class="Default" style="text-align: justify;"><span style="font-size: 10.0pt;">PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) merupakan salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia. Lembaga perbankan keuangan yang berfungsi sebagai penyalur dana masyarakat melalui produk-produk yang ditawarkan, salah satu produknya yaitu Kredit Perumahan Rakyat (KPR) Griya BSM. Griya BSM adalah pembiayaan jangka pendek, menengah atau panjang untuk membiayai pembelian rumah tinggal (konsumer), baik baru ataupun bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembiayaan KPR Griya BSM pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Mayestik Jakarta. Penelitian menggunakan metode kualitatitif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan prosedur pembiayaan KPR Griya BSM terbagi menjadi 9 tahapan yaitu, permohononan pembiayaan, pengumpulan data, verifikasi data, penginputan data, survey dari pihak bank, persetujuan pembiyaan, pengikatan atau akad, pencairan dana dan monitoring, dengan pembiayaan menggunakan akad murabahah. </span></p> 2021-05-03T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 Yunita Putri, I Ketut Martana