Analisis Pelayanan Pasien BPJS dan Non BPJS (Studi Pada Klinik di Kranji Bekasi)

Authors

  • Idah Yuniasih Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.930

Keywords:

Prosedur, Pelayanan

Abstract

Kualitas hidup masyarakat salah satunya bisa dilihat dari kesehatan masyarakat secara umum, baik kesehatan fisik, psikis maupun rohani. Kesehatan merupakan hajat hidup orang banyak oleh karenanya Pemerintah mengatur melalui dalam UUD 1945 Pasal 28 H ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan medapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”. Salah satu pelayanan kesehatan masyarakat yaitu dengan adanya Klinik Kesehatan 24 Jam yang melayani masyarakat dalam berobat. Pelayanan yang baik tentunyanya akan meningkatkan kepuasan pasien dalam berobat. Pasien saat ini dibagi menjadi pasien BPJS dan pasien Non BPJS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian prosedur Pelayanan Pasien di Klinik adalah Prosedur dalam melayani Pasien BPJS dan Non BPJS sudah teratur dan sesuai dengan SOP yang berlaku, hanya ada beberapa perbedaan dalam proses pembayaran dan pelayanan oleh petugas. Sistem yang diterapkan dalam Pelayanan Pasien Non BPJS masih manual sementara pasien BPJS sudah menggunakan aplikasi

References

Amatiria, G. (2015). Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Metode Tim pada Rawat Inap. Jurnal Keperawatan.

Cecep. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Brebes tahun 2015. Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan. https://lib.unnes.ac.id/22964/

Sunajadjie, A. F. M. (2015). SOP Rekam Medis Rumah Sakit Wijayah Kusuma. https://www.scribd.com/doc/232138897/Rekam-Medis-Rs-Wijaya-Kusuma

Machmud, R. (2018). MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 45–50. https://doi.org/10.24893/jkma.2.2.186-190.2008

Rasto. (2015). Manajemen Perkantoran. In Pengertian Prosedur. file:///C:/Users/user/Downloads/Bab II Tugas Akhir _Tinjauan Pustaka dan Metode Pengamatan_.pdf

Sundari, J. (2016). Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering.

Sagita. (2016). Penguatan Pelayanan Pemerintah Kabupaten. Pelayanan Pemerintah Kabupaten, 6, 48–58.

UU RI No 24 Tahun 2011. (2011). UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS. In Journal of Chemical Information

Downloads

Published

2021-11-30