Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Adira Dinamika Multi Finance Kantor Cabang Petojo Utara Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.665Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah kualitas pelayanan. Pentingnya kualitas pelayanan yang diciptakan oleh perusahaan supaya pelanggan merasakan kepuasan tersendiri dalam setiap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT Adira Dinamika Multi Finance. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis berupa analisis deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan data primer yang telah terkumpul. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji persamaan regresi. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi yang diperoleh hasil sebesar 0,724 yang menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kuat. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,551 artinya 55,1% kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, sisanya sebesar 0,449 artinya 44,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Melalui hasil perhitungan regresi diperoleh persamaan Y = 9,341 + 0,768X maka dapat dijelaskan, bahwa bila kualitas pelayanan konstan atau bernilai 0 (nol), kepuasan pelanggan akan bernilai sebesar 9,341. Koefisien regresi sebesar 0,768 menyatakan bahwa setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar 1%, maka akan meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,768 atau 76,8%.
References
Apriyani, Dwi Aliyyah, dan Sunarti. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 28. Diambil dari https://doi.org/10.32493/skr.v4i1.605
Firdaus. (2021). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF: DILENGKAPI ANALISIS REGRESI IBM SPSS STATISTICS VERSION 26.0 (F. Ravida (ed.)). Riau: CV. DOTPLUS Publisher. From https://books.google.co.id/books?id=lJ8hEAAAQBAJ
Imron, Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. Diambil dari https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Lubis, Alfi Syahri, dan Nur Rahmah Andayani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. Diambil dari https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619
Maulana, Ade Syarif. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(1), 133–125. Diambil dari https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Nurdin, Ismail, & Sri Hartati. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (Lutfiah (ed.)). Surabaya: MEDIA SAHABAT CENDEKIA. From https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ
Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent. Diambil dari Meraja Journal, 1(2), 17–30.
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Sosiopragmatik (Cetakan Pe). Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Wiwin Wianti, Puji Yuniarti, Andrean Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.