Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keinginan Membeli Konsumen: Studi Kasus PT Sumber Alfaria Trijaya

Authors

  • Suci Romadona Universitas Bina Sarana Informatika
  • Slamet Heri Winarno Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v4i1.3514

Keywords:

Kualitas Produk, Persepsi Harga, Minat Beli

Abstract

Studi ini berfokus pada dua variabel independen: kualitas produk dan persepsi harga, dan satu variabel dependen: minat beli. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana persepsi harga dan kualitas produk mempengaruhi minat beli pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Observasi, wawancara, pengisian kuesioner, dan pengumpulan dokumen adalah bagian dari proses penelitian; data dikumpulkan melalui pendekatan kuantitatif statistik, terutama dalam analisis data di PT Sumber Alfaria Trijaya. Jumlah seratus orang yang disurvei di seluruh wilayah Jakarta menerima kuesioner yang bertanya tentang bagaimana persepsi harga dan kualitas produk memengaruhi keinginan pembeli. Hasil studi menunjukkan bahwa persepsi harga dan kualitas produk memengaruhi minat beli pelanggan Alfamart, sebuah jaringan minimarket yang menyediakan barang sehari-hari berkualitas tinggi dengan harga terjangkau pada masyarakat.

References

Baehaqi, M. A. (2022). Pengaruh Persepsi Harga , Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21–33.

Cahyani, R., Andrian, & Sumantyo, D. S. (2023). PERAN LABELISASI HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN AI-CHA ICE CREAM & TEA SUMMARECON BEKASI. Jurnal Economina, 2(September), 2258–2273.

Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Dedy Ansari Harahap. (2021). Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen. Tirtayasa EKONOMIKA, 16(2), 282–295.

HABLI, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO AIS JAYA FASHION PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

Lestari, R., & Elwisam. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN HYPERMARKET GIANT TANGERANG DAN TANGERANG SELATAN. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 4(2), 40–67.

Purwaningsih, A., & Shafariah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Official Storewardah Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(5), 492–501.

Sahir, H. S. (2022). Metodologi Penelitian. KBM INDONESIA.

Shafitri, M., Aryani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 201–212.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed). Alfabeta.

Sulastri, M. (2019). Mediasi Keputusan Pembelian pada Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi pada Pelanggan Indomaret di Tanjung Duren Jakarta Barat ). KOMPETENSI - JURNAL MANAJEMEN BISNIS, 14(2), 137–152.

Supomo. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis untuk akuntansi dan Manajemen (Edisi Kesa). Penerbit andi.

Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS). 7(1), 50–62.

Winarno, S. H.,Givan, B., & Yudhistira, Y. (2018). Determinan Loyalitas Pelanggan pada Operator Telepon Selular. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 151–162. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.7586

Wulandari, L., Raja, D., & Saragih, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Watsons dan Guardian Mall Cipinang Indah. 6, 16330–16339.

Yuniasih, I. Winarno, S. H., Zuniarti, I., & Marwansyah, S. (2022). The Effect of Price, Product Quality and Customer Service Toward Customer Satisfaction on Online Buying at COVID-19 Pandemic. 1st Virtual Workshop on Writing Scientific Article for International Publication Indexed SCOPUS, 511–516. https://doi.org/10.2478/9788366675827-089

Zuniarti, I.,Pramularso, E. Y., Kuspriyono, T., Winarno, S. H., Marwansyah, S., Irawan, R., Mustomi, D., & Rahmiyatun, F. (2022). The Influence Of Consumer Decisions On The Desire To Shopping: Easy Of Use And Usefulness. International Journal of Social and Management Studies, 3(2), 212–219.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles