Moderasi Harga Terhadap Hubungan Lokasi usaha Dengan Keputusan Pembelian Pada Warung Madura Di Cengkareng-Jakarta Barat

Moderasi Harga Terhadap Hubungan Lokasi usaha Dengan Keputusan Pembelian Pada Warung Madura Di Cengkareng-Jakarta Barat

Authors

  • Hardani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eneng Iviq Hairo Rahayu Universitas Bina Sarana Informatika
  • Iwan Universitas Nusamandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v4i1.3468

Keywords:

Harga, Lokasi Usaha, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Harga dan lokasi usaha dengan keputusan pembelian diwarung Madura daerah Cengkareng Jakarta Barat, serta untuk mengetahui pengaruh moderasi harga terhadap lokasi usaha dengan keputusan pembelian diwarung Madura daerah Cengkareng Jakarta Barat. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 100 responden dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form kepada responden yang telah pernah membeli diwarung Madura daerah Cengkareng Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS4 (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan harga dan Lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian diwarung Madura daerah Cengkareng Jakarta Barat . Harga tidak memoderasi hubungan antara lokasi usaha dengan keputusan pembelian diwarung Madura daerah Cengkareng Jakarta Barat.

 

 

References

A, M. S., & Daniaty, F. (2017). Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hypermart Puri Indah Di Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi, 22(1), 124–131. https://doi.org/10.24912/je.v22i1.186

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Asdi Mahasatya.

Budi Suwarna, Dwi bayu Radius, W. D. (2022). Pertarungan Warung Kelontong Madura. Kompas.Id.

Fadillah, H. M., & Prawoto. (2022). Peran Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian di Warung Sate Madura Cak Kodir Tanjung Barat. Jurnal Panorama Nusantara, 17(1), 1–12.

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.47-58

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 8(Semarang).

Hermansyah, Artiningsih, D. W., & Harnida, M. (2017). Pengaruh harga dan Lokasi Terhadap keputusan Pembelian Di Warung Makan Barokah Kotabaru. Jurnal Ekonomi.

Isnanto, B. A. (2024). Apa Saja Kunci Kesuksesan Wirausaha Lokal Agar Tak Kalah Saing? DetikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7343201/apa-saja-kunci-kesuksesan-wirausaha-lokal-agar-tak-kalah-saing

Jonathan Sarwono. (2012). PATH ANALYSIS.

KADIN Indoensia. (2024). UMKM Indonesia. KADIN Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Kotler, P. & G. A. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Maharani Mia, S. Z. (2013). “ Hal Yang Dipertimbangkan Dalam Menentukan Lokasi Perusahaan. 23, 1–13.

Sari, Y. M. (2023). Warung Kelontong Madura Populer di Jakarta, Raup Cuan Buka 24 Jam Baca artikel detikfood, “Warung Kelontong Madura Populer di Jakarta, Raup Cuan Buka 24 Jam” selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-6584848/warung-kelontong-madura-populer-di-jak. Detikfood.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, July, 587–632. https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15

Swastha, B., & Handoko, H. (2008). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen (Edisi pert). BPFE.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles