Pengaruh Current Ratio dan ROI terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017

Authors

  • Miftahul Mizan Universitas Bina Sarana Informatika
  • Zahra Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dian Berliansyah Putra Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v4i1.3464

Keywords:

Bank, Current Ratio, ROI, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Rasio, dan ROI terhadap harga saham pada perusahaan sector keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder time series yang diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan dengan range waktu tahun 2012 hingga tahun 2027. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan sub perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012 hingga 2017. Sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposiv sampling dengan jumlah sample sebanyak 30 data. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Current Rasio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. ROI tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Kemudian Current Rasio, dan ROI secara simultan tidak mampu mempengaruhi secara signifikan terhadap harga saham karena nilai signifikansi hanya mampu menyumbang sebesar 21.6%.

References

Ajija, S. R., Sari, D. W., Setianto, R. H., & Primanti, M. R. (2011). Cara cerdas menguasai Eviews. In Jakarta: Salemba Empat. Jakarta: Salemba Empat.

Imam, G. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 19. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (Edisi Revi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. (2014). Analisa Laporan Keuangan (Pertama Ce). Jakrta: PT. Rajagrafindo Persada.

Rahmani, N. A. B. (2020). Pengaruh Roa (Return On Asset), Roe (Return On Equity), Npm (Net Profit Margin), Gpm (Gross Profit Margin) Dan EPS (Earning Per Share) Terhadap Harga Saham Dan Pertumbuhan. Human Falah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 104–116.

Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Bank Indonesia, pp. 1–65. Jakarta: Republik Indonesia.

Riani, D., Hasnin, H. R., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Return on Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Net Profit Margin (NPM), dan Market Value Added (MVA) Terhadap Return Saham. Journal on Education, 5(2), 3290–3301. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1001

Segara, T. (2019). Pasar Modal. Seri Literasi Keuangan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&DSugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.). In Metodelogi Penelitian.

Sujarweni, v W. (2014). SPSS untuk penelitian. yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutrisno. (2014). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. yogyakarta: Ekonisia.

Triandaru, S., & Budisantoso, T. (2006). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. In Jakarta: Salemba Empat. Jakarta: Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles