Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Gemala Kempa Daya)

Authors

  • Risnawati Dewi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Bryan Givan Universitas BSI
  • Slamet Heri Winarno Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

rekrutmen, seleksi, penempatan karyawan

Abstract

Pelaksanaan rekrutmen karyawan sangat penting dalam mencari dan mendapatkan sumber daya manusia yang bermutu dan profesional. PT Gemala Kempa Daya adalah perusahaan investasi swasta domestic yang terjun di bidang otomotif dengan produk utamanya yaitu frame chassis dan press part,  dalam melakukan rekrutmen karyawan berdasarkan kebutuhan karyawan setiap tahunnya, karena ada pengurangan karyawan seperti meninggal dunia, pensiun, serta waktu kontrak per tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan rekrutmen pada PT Gemala Kempa Daya, dan apa saja kendala yang terjadi serta solusinya. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan pengumupulan data menggunakan metode  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada PT Gemala Kempa Daya, pelaksanaan rekrutmen dan seleksi melalui dua cara dalam rekrutmen karyawan, yaitu melalui sumber dari dalam (internal) dan sumber dari luar (eksternal) dengan menggunakan prosedur, antara lain: 1.Identifikasi kebutuhan, 2.People Review, 3.Contigency Plan, 4.Menyusun, merekap rekrutmen, 5.Proses seleksi (seleksi berkas pelamar, tes fisik I, tes fisik II, tes tertulis, tes psikotest, interview, tes kesehatan, training in class ) 6. Menginformasikan hasil seleksi, 7.Penempatan kerja. Kendala yang di hadapi yaitu pelamar yang tidak datang dan kurang teliti mengisi data pribadi di web. Cara mengatasi dengan mencari karyawan melebihi target dan member pengarahan pada pelamar.

References

Elbadiansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (L. Nurhayati (ed.)). Malang: CV IRDH.

Irawan, R., Wijaya, D., Dewi, I. K., & Susanti, H. (2018). Prosedur Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Pada PT. PZ Cussons Indonesia Tanggerang. AKRAB JUARA,3.https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/239914/PT.-PZ-CUSSONS-INDONESIA.pdf

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (T. U. Press (ed.); Pertama).Malang: UB PRESS.

Saihudin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Gianto (ed.); Pertama). Sidoarjo: Uwala Inspirasi Indonesia.

Soetrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan ke-9). Jakarta: KENCANASudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Cetakan Ke-1). Jakarta: KENCANA.

Sukmawati, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Haerani (ed.)). Makassar: CV SAH MEDIA.

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles