PENGARUH STORE ATMOSPHERE PADA IMPULSE BUYING MELALUI EMOTIONAL RESPON PADA CITRUS BOGOR

Authors

  • Vina Islami UBSI
  • Resti Yulistria Universitas Bina Sarana Informatika

Keywords:

Store atmosphere, Emotional responses

Abstract

Perubahan dalam bentuk renovasi yang dilakukan oleh Citrus department store Botani Square Bogor, menyebabkan perubahan suasana toko yang ada di toko. Dengan perubahan dalam suasana toko, respons konsumen terhadap lingkungan belanja (respons emosional) juga akan berubah dan mengarah pada pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek positif atmosfer toko dari respons emosional, mengetahui pengaruh positif atmosfer toko terhadap pembelian impulsif, menyelidiki pengaruh respons emosional positif terhadap pembelian impulsif, dan mengetahui respons emosional yang memediasi hubungan toko. atmosfer pada pembelian impulsif. Desain penelitian adalah studi kausal yang melibatkan satu variabel eksogen dan dua variabel endogen. Data penelitian ini adalah data interval dengan data primer melalui kuesioner yang menggunakan skala 5 likert. Teknik analisis data menggunakan model persamaan struktural. Temuan penelitian menunjukkan bahwa atmosfir toko memiliki efek positif pada respons emosional, pengaruh atmosfer toko positif terhadap pembelian impulsif, respons emosional pengaruh positif pada pembelian impulsif, dan respons emosional memediasi hubungan atmosfer toko pada pembelian impulsif.

References

Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama.

Semuel, H. (2005). Respons Lingkungan Berbelanja Sebagai Stimulus Pembelian Tidak Terencana pada Toko Serba Ada (Toserba) (Studi Kasus Carrefour Surabaya). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No.

Sina, S. S. (2011). Modul Pembelajaran Analisis Multivariat. Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala.

Supriono. (2018). Pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying pada bisnis ritel. KINERJA, 15 No 1, 1–5. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/3752/369

Utami, C, W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia,. Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles