Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan Republika

Authors

  • Rakhmat Hadi Sucipto Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v1i1.320

Keywords:

Koperasi, SWOT, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kinerja Koperasi Karyawan (Kopkar) Republika, mengidentifikasi posisi koperasi dengan analisis Matriks Internal Eksternal dan Grand Strategy Matrix, serta menemukan alternatif strategi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kinerja koperasi tersebut. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bantuan analisis SWOT yang dikembangkan untuk mengidentifikasi Strategic Factor Analysis Summary (SFAS). Dengan SFAS ini, bisa diketahui Internal Factor Analysis Summary (IFAS) dan External Factor Analysis Summary (EFAS). Hasil penelitian menunjukkan, ada banyak kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal serta peluang dan ancaman dari faktor eksternal terhadap Kopkar Republika. Meski demikian, Kopkar Republika masih mampu mengelola faktor-faktor tersebut yang ditunjukkan dengan posisinya pada kelompok tumbuh dan bangun pada Matriks Internal Eksternal serta Kuadran I Grand Strategy Matrix. Kekuatan utama koperasi terletak pada anggota, sementara kelemahannya adalah anggota yang terbatas bagi karyawan perusahaan serta sarana dan prasarana koperasi kurang memadai. Peluang terbesar adalah adanya tawaran kerja sama dari pihak luar, termasuk dari kompetitor. Ancaman yang paling nyata dan umum terjadi adalah persaingan yang makin ketat dari para peritel mapan. Faktor kunci utama keberhasilan Kopkar Republika terletak pada kekuatan anggota, kemampuan menjalin kerja sama dengan pihak luar, dan mengatasi persaingan yang makin ketat

References

Barney, J., & Hesterly, W. (2019). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts, Global Edition. Pearson Higher Education & Professional Group.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts. Pearson Education.

Ermaya, K. (2019). Strategi Pengembangan Koperasi dengan Analisis SWOT (Studi Kasus di KSU Maju Jaya). Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 86–100.

Gamble, J. E., Peteraf, M. A., & Thompson, A. A. (2015). Essentials of Strategic Management: The Quest for Competitive Advantage. McGraw-Hill Education.

Gandhy, A., & Kurniawati, S. D. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(1), 15–31.

Hasmawati, F. (2013). Manajemen Koperasi (Ketiga). Duta Azhar.

Hill, C. W. L., & Jones, G. R. (2012). Essentials of Strategic Management (Third). Cengage Learning.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2016). Strategic Management: Concepts and Cases: Competitiveness and Globalization. Cengage Learning.

Irawan, R. H. (2019). Analisis SWOT dalam Perencanaan Strategis Teknologi Sistem Informasi Koperasi Giat Pare. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 1(1), 133–137.

Kemenkop-UKM. (2010). Apa Itu Koperasi? Kemenkop UKM Jakarta.

Magretta, J., & Porter, M. E. (2012). Understanding Michael Porter: The Essential Guide to Competition and Strategy. Harvard Business Review Press.

Moonti, U. (2016). Dasar-Dasar Koperasi (Pertama). Interpena.

Oktaviana, R. V. (2013). Strategi Pengembangan Primer Koperasi. Jurnal Administrasi Publik, 1(2), 257–264.

Porter, M. E. (2008). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.

Swasono, SE. (2005). Koperasi: Nilai Tambah Ekonomi, Nilai Tambah Sosial-Kultural, Sokoguru Perekonomian. Penerbit Yayasan Hatta.

Witcher, B. J. (2019). Absolute Essentials of Strategic Management. Taylor & Francis.

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles