PROSES ADMINISTRASI PEMESANAN BAHAN BAKU PRODUKSI FURNITURE PADA PT RACKINDO SETARA PERKASA JAKARTA

Authors

  • Suparman Hi Lawu Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ria Andriani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nita Kurniasih

Keywords:

Prosedur, Pemesanan, Bahan Baku

Abstract

PT Rackindo Setara Perkasa Jakarta adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang furniture. Kegiatan utama dari perusahaan ini ialah memproduksi rakitan meubel dengan berbagai ragam bentuk. Tahap awal kegiatan dalam perusahaan ini adalah melakukan proses pemesanan bahan baku karena berkaitan dengan kelancaran proses produksi. Kegiatan pemesanan baku dapat berjalan dengan efektif dan efisien apabiladitunjang dengan kebijakan dan prosedur yang tepat. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah melalui proses observasi dan wawancara dengan pengumpulan data secara langsung dengan narasumber terkait. Pemesanan bahan baku membutuhkan suatu prosedur yang sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan. Jika tidak sesuai dengan standar dan kebutuhan dari perusahaan, maka perusahaan tidak bisa menghasilkan produk yang maksimal dan akan mengalami kerugian. Faktor permintaan bahan baku adalah kegiatan yang mempengaruhi untuk mengajukan berbagai macam bahan baku untuk menciptakan suatu produk yang memiliki nilai. Proses pemesanan bahan baku memegang peran penting dalam operasi bisnis. Pemesanan bahan baku sebagai bekal untuk memulainya suatu proses produksi. Tujuan utama dari pemesanan bahan baku ialah memperoleh bahan baku dengan biaya serendah mungkin dengan kualitas yang sesuai dengan standar. Dan fungsi dari pemesanan bahan baku adalah untuk memastikan bahwa persediaan bahan baku tetap terjaga agar perusahaan dapat terus beroperasi dan mendapatkan laba yang tinggi.

Keyword: Prosedur, Pemesanan, Bahan Baku

References

Alrahman, Y., Mustafa, K., & Delvika, Y. (2017). Penerapan Metode Peramalan Produksi dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Planning di PT.CJ Feed Medan. Journal of Industrial and Manufacture Engineering, 1(2).

Dewi, P., Ferani, W., & Wiyani, N. T. (2016). Prosedur Pembelian Bahan Baku secara Kredit pada PT Burangkeng Maju Teknik. Jurnal Online Insan Akuntan, 1.

Hadiaty, F., & Handayani, R. F. (2018). No Title. PROSEDUR ADMINISTRASI PENJUALAN KENDARAAN BERMOTOR PADA BAGIAN ADMIN DI PD WIJAYA ABADI BANDUNG, 11(2).

Herawati, H., & Mulyani, D. (2016). PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU DAN PROSES PRODUKSI TERHADAP KUALITAS PRODUK PADA UD. TAHU ROSYDI PUSPAN MARON PROBOLINGGO. Prosiding Seminar Nasional, 2(4).

Manalu, E., Sianturi, F. A., & Manalu, M. R. (2017). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Pemesanan pada Cv. Papadan Mama Pastries. Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Massie, N. I. K., Saerang, D. P. E., & Tirayoh, V. Z. (2018). ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 13(3).

Rusdiana, & Zaqiah, Q. Y. (2014). Manajemen Perkantoran Modern. Insan Komunika.

Sutha, D. W. (2018). Administrasi Perkantoran. Indonesia Pustaka (Pertama).

Yuliani, N. L. (2015). ANALISIS METODEFIXED ORDER INTERVAL(FOI) DALAMMEMESAN BAHAN BAKU MAKANAN DIRESTAURANTBEBEK TEPISAWAH KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Published

2021-05-01

Issue

Section

Articles