Evaluasi Strategi Marketing Bisnis Ritel Skala Kecil Tradisional Kota Purwokerto Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Angestika Wilandari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yudistira Andi Permadi Akuntabilitas Pemda, BPKP Pusat

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v1i1.296

Keywords:

Evaluasi Strategi, Strategi Marketing , Bisnis Ritel, Ritel Tradisional

Abstract

Kehadiran bisnis ritel modern skala menengah berbentuk minimarket cukup populer di wilayah Kabupaten Banyumas khususnya Kota Purwokerto. Berdasarkan tinjauan pustaka, kehadiran minimarket berpengaruh negatif  terhadap jumlah kunjungan konsumen, pendapatan, serta omzet bisnis ritel skala kecil tradisional seperti toko kelontong, kios, ataupun warung pengecer. Data Dinas Perdagangan Kabupaten Banyumas menunjukkan terdapat sekitar 150 UMKM dengan termasuk di dalamnya pelaku usaha ritel skala kecil yang menjadi potensi usaha bisnis ritel skala kecil tradisional. Dengan demikian kehadiran minimarket menjadi tantangan alami bagi usaha ritel skala kecil di Kota Purwokerto yang cukup banyak. Tidak hanya faktor kehadiran minimarket, masa pandemi juga menjadi tantangan bagi eksistensi toko kelontong, kios, serta warung pengecer di Kota Purwokerto. Berbagai macam strategi telah dilakukan, namun belum ada evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer di Kota Purwokerto. Menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta pembagian kuisioner, peneliti ingin melakukan kajian tentang evaluasi strategi yang telah diterapkan oleh pelaku usaha toko/kios/warung pengecer selama masa pandemi di Kota Purwokerto.

 

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles