Pengaruh Standard Operating Procedure (SOP) dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Expedisi

Authors

  • Mia Nurhaliza Universitas Bina Sarana Informatika
  • Slamet Heri Winarno

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v3i2.2376

Keywords:

standard operating procedure, lingkungan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Sebuah organisasi yang mengirimkan barang disebut Perusahaan Ekspedisi. Menjaga kualitas untuk konsumen adalah hal yang penting untuk mendapatkan posisi teratas dalam industri jasa pengiriman. Teknik observasi, kuesioner, dan penelitian literatur yang dianalisis secara kuantitatif digunakan dalam proses pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur operasi standar (SOP) dan budaya tempat kerja mempengaruhi produktivitas pekerja dalam organisasi ekspedisi. Sebanyak 100 karyawan menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini. Dengan menggunakan skala Likert dan pengambilan sampel non-probabilitas dengan sampel jenuh, data dikumpulkan. Uji instrumen, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan hipotesis dengan menggunakan SPSS adalah pendekatan analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, baik variabel kedua yaitu lingkungan kerja dan variabel pertama yaitu standard operating procedure (SOP) memiliki pengaruh yang baik dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dengan hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,816, hal ini berarti pengaruh SOP (X1) dan lingkungan kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) pada perusahaan ekspedisi adalah sebesar 81,6%. Secara bersama-sama variabel standard operating procedure (SOP) dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan simultan terhadap kinerja karyawan pada perusahaan ekspedisi

Downloads

Published

2023-11-30