Model Pengembangan Usaha Menggunakan Model Bisnis Kanvas Pada Usaha Thrift Shop
DOI:
https://doi.org/10.31294/jab.v2i2.1663Keywords:
Pengembangan usaha, model bisnis kanvas, pakaian bekasAbstract
Model bisnis berkembang mengikuti perkembangan teknologi, begitupun bisnis penjualan baju bekas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model pengembangan usaha menggunakan Model Bisnis Kanvas pada usaha mikro Thrift Shop di Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pengumpulan dan pengambilan data melalui wawancara dengan semua pihak yang tergabung pada Epargne Thrift Shop, melalui observasi dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga elemen terkuat dari Business Model Canvas pada Epargne Thrift Shop. Pertama, key partnership yang menggambarkan hubungan saling menguntungkan antara Epargne Thrift Shop dengan rekan bisnisnya. Kedua, value proposition menunjukkan bagaimana konsumen memperoleh manfaat dengan membeli barang bekas tersebut. Ketiga, key activities yang menggambarkan aktivitas utama usaha penjualan baju bekas. penelitian ini juga menggunakan matriks SWOT dalam menganalisis dan menghasilkan rekomendasi model bisnis dalam pengembagan usaha Epargne Thrift Shop. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan usaha pada Eparge Thrift Shop dengan dua model bisnis yang dapat dijalankan secara bersamaan.
References
Kamariah, N., Murtafia, & Anwar, A. (2021). Business Diversification, BUMDes Bonto Sunggumanai Strategy to Survive During the Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 232–235. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.044
Katadata. (2021a). Tren Thrift Shop yang Membawa Dampak Positif Bagi Lingkungan. Agustus.
Katadata. (2021b). UMKM Indonesia Bertambah 1,98% pada 2019 Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia. Databoks.Katadata.Co.Id.
Maulana, I., & Alamsyah, A. (2017). REKOMENDASI MODEL BISNIS INDUSTRI MUSIK POP DAN ROCK DI INDONESIA BERDASARKAN MODEL BUSINESS CANVAS. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 153. https://doi.org/10.25124/JMI.V14I2.359
Osterwalder, A., Clark, T., & Pigneur, Y. (2010). Business model generation : pedoman bagi para visioner, penggerak perubahan dan pendobrak / ditulis oleh Alexander Osterwalder & Yves Pigneur ; editor dan penulis pendamping, Tim Clark (E. M. Komputindo (ed.); Cet. 4.). 2013.
Porter. (2008). Aspek-aspek keunggulan bersaing perguruan tinggi. Mimbar, XX(1), 179–193.
Rangkuti, F. (2017). ANALISIS SWOT TEKNIK MEMBEDAH KASUS BISNIS (Gramedia Pustaka Utama (ed.)). juli.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Penerbit Alfabeta (ed.)). Oktober.
Syukriah Mathory, E. A., Murtafia, M., Rahmat, R., & Sayuti, N. (2022). Recovery Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises in the Creative Economy Sector During the COVID-19 Pandemic: A Case Study of Sengkang Silk. KnE Social Sciences, 2022, 106–116. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.10931
Wheelen and Hunger. (2003). STRATEGIC MANAGEMENT (1st ed.). Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Murtafia Murtafia, Nur Indah Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.