Payback Period Analysis on Joint Penilaian Investasi ( R/C, BEP, ROI dan PP ) pada Usaha Pembesaran Udang Maju Bersama, Serang Banten

Authors

  • Santi Rusmayanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ulta Rastryana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tri Lestari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dedi Damhudi Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v2i2.1416

Keywords:

Payback Period, Business Analysis, Penilaian Investasi

Abstract

Tujuan didirikan sebuah perusahaan yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Selain keuntungan, didalam suatu usaha juga penting dilakukan perhitungan R/C, BEP (Unit) untuk menentukan berapa banyak jumlah produksi yang harus diperoleh agar perusahaan mengalami titik impas, ROI dan Payback Period (PP) untuk menghitung  berapa lama waktu yang dibutuhkan agar modal yang dikeluarkan bisa Kembali. Dengan melakukan perhitungan Analisa Payback Period maka perusahaan akan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal atau nilai investasi yang dikeluarkan.Usaha Pembesaran Udang Maju Bersama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis udang yang berlokasi di Serang, Banten.  Metode penelitian ini adalah metode deskrptif dengan pendekatan kasus untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan terperinci berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan dengan memperhitungkan penilaian investasi berupa R/C, BEP, ROI, dan PP (payback period) dimana perusahaan dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar modal kembali. Nilai R/C yang dicapai oleh usaha pembesaran udang maju bersama mencapai Rp.1,25, BEP (Unit) sebesar 114 Kg, ROI 44,78% dan PP(Payback Period) yang dicapai oleh Usaha Pembesaran Udang Maju Bersama mencapai 2,2 tahun dan angka ini lebih kecil dibandingkan umur investasi, maka investasi layak dijalankan. Owner usaha pembesaran udang Maju Bersama, sebaiknya menerapkan analisis Payback Period sebagai salah satu alat untuk mengetahui kondisi keuangan yang telah dicapai untuk mempersingkat waktu pengembalian modal yang telah dikeluarkan.

References

Ananda, G., & Hamidi, H. (2019a). ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017. Measurement: Jurnal Akuntansi, 13(1), 1–10.

Ananda, G., & Hamidi, H. (2019b). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan Laba pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 - 2017. Measurement: Jurnal Akuntansi, 13(1), 1–10.

Choiriyah, V. U., AR, M. D., & Hidayat, R. R. (2016). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan Penjualan pada Tingkat Laba yang Diharapkan (Studi Kasus pada Perhutani Plywood Industri Kediri Tahun 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 35(1), 196–206.

Dame W Manullang, Herman Karamoy, Winston Pontoh.(2019) Analisis Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Studi Kasus Pada Cincau JO, Blencho dan Brownice Unit Kreativitas Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA Vol. 7 No. 2

Dwinanto Purnatiyo. (2021) Analisis Kelayakan Investasi Alat DNA Real Time Thermal Cycler (RT-PCR) untuk Pengujian Gelatin.

Ferdyawan, S. (2020). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencanaan Laba pada Perusahaan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin.

Gayatri, N. A., & Amrita, N. D. A. (2019). Analisis Break Event Point Sebagai Dasar Perencanaan Laba Penjualan Pada CV. OSA Garmen Badung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 5(1), 10–16.

Getrudis dan Yusuf. (2020. Analisis Kelayakan Ekonomi Menggunakan Metode Net Present Value (NPV), Metode Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP) pada Unit Stone Crusher di CV. X Kab. Kupang Prov NTT. Jurnal Teknologi Universitas Cendana Vol. 14 No.2

Hasdiana, S., & Khalid, I. (2020). Analisis Titik Impas sebagai Alat Perencanaan Laba pada PT. Semen Indonesia Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Semarak, 3(3), 153–167.

Hassanah, A., & Daud, R. M. (2019). Analisis Cost Volume Profit Sebagai Alat Perencanaan Laba (Studi Kasus Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 4(2), 190–214.

Putra Riawan Muchamad. (2021) Analisa Kelayakan yang Mempertimbangkan Ketidakpastian pada Penambahan Gudang PT Media Belanja Tekonologi. Jurnal Technoscienza Vo. 5, No. 2

Rachadian. F.R, Agsasi E, A. Wahyudi. Analisis Kelayakan Investasi Penambahan Mesin Frais Baru Pada CV. Xyz Journal J@TI Undip, Vol.VIII, No.1

Rosida, R. (2019). Analisis Break Even Point sebagai Alat Perencaan Laba pada Perusahaan Browcyl Brownis Pisang Khas Makassar. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 1(1).

Ruminta Darkiman. (2020) Analisis Perbandingan Perhitungan Kelayakan Finansial Konvensional dan Syariah. Jurnal Ecodemica, Vo. 4, No. 1

Sutrisno. (2009). Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia: Yogyakarta.

Yudianto, R. (2019). Break Event Point sebagai Perencanaan Laba pada PT. Sepatu Bata Tbk. Jurnal Ekonomia, 9(1), 29–47.

Downloads

Published

2022-11-30