Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian online pada Marketplace Shopee Paska Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1165Keywords:
Harga, Keputusan Pembelian, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oline pada marketplace Shopee paska pandemic covid-19. Peneliti menggunakan dua variable yaitu variable independen yg meliputi harga (X1), dan promosi penjualan (X2), serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat di kabupaten Tangerang dengan responden 105 dengan accidental sampling methode. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode deskriptif kuantitatif, Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, kuesioner dan dokumentasi, dengan pengolahan data menggunaan SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara persepsi harga, promosi penjualan  terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,732 yang berarti korelasi antar variabel kuat. Ini menunjukkan bahwa persepsi harg dan promosi penjualan  memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji regresi, Y= 1,723+0.395X1+0.354X2 persepsi harga dan promosi penjualan  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa R square sebesar 0,536 yang menggambarkan bahwa secara simultan faktor persepsi harga dan promosi  mempengaruhi keputusan pembelian online sebesar 53,6%.
References
Ahmad Nazarudin, N. L. (2019). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, Bulan Maret, Tahun 2019 , 17-25.
Aprillia Darmansah1, S. Y. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. JURNAL MANAJEMEN UNSURYA.VOL. 1, NO. 1, NOVEMBER 2020 , 15-30.
Kotler, P. d. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Index.
Kotler, P. d. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sharen G. Tulanggow, T. M. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 9. No. 3, 2019 , 35-43.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi. Bandung: Alfa Beta.
Sugiono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,. Bandung: Alfa Beta.
Yosephus Galih Primadasa, A. T. (2020). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Karyawan PT.Percetakan Gramedia Cikarang). JURNAL MANAJEMEN PEMASARANFakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa | www.pelitabangsa.ac.id , 1-15.
https://marketeers.com/e-commerce-demam-fesyen-shopee-gelar-grand-fashionbazaar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Peter Rajagukguk, Hardani Hardani, Ferry Kartawijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.