Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian online pada Marketplace Shopee Paska Pandemic Covid-19

Authors

  • Peter Rajagukguk Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hardani Hardani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ferry Kartawijaya Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1165

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian oline pada marketplace Shopee paska pandemic covid-19. Peneliti menggunakan dua variable yaitu variable independen yg meliputi harga (X1), dan promosi penjualan (X2), serta keputusan pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Penelitian dilakukan terhadap masyarakat di kabupaten Tangerang dengan responden 105 dengan accidental sampling methode. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode deskriptif kuantitatif, Metode pengumpulan data menggunakan, observasi, kuesioner dan dokumentasi, dengan pengolahan data menggunaan SPSS versi 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara  persepsi harga, promosi  penjualan  terhadap keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,732 yang berarti korelasi antar variabel kuat. Ini menunjukkan bahwa persepsi harg dan  promosi penjualan  memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji regresi, Y= 1,723+0.395X1+0.354X2 persepsi harga dan promosi penjualan  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa R square sebesar 0,536 yang menggambarkan bahwa secara simultan faktor persepsi harga dan promosi  mempengaruhi keputusan pembelian online sebesar 53,6%.

References

Ahmad Nazarudin, N. L. (2019). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, Bulan Maret, Tahun 2019 , 17-25.

Aprillia Darmansah1, S. Y. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. JURNAL MANAJEMEN UNSURYA.VOL. 1, NO. 1, NOVEMBER 2020 , 15-30.

Kotler, P. d. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Index.

Kotler, P. d. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sharen G. Tulanggow, T. M. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 9. No. 3, 2019 , 35-43.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi. Bandung: Alfa Beta.

Sugiono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D,. Bandung: Alfa Beta.

Yosephus Galih Primadasa, A. T. (2020). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Karyawan PT.Percetakan Gramedia Cikarang). JURNAL MANAJEMEN PEMASARANFakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa | www.pelitabangsa.ac.id , 1-15.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/20/shopee-e-commerce-dengan-pengunjung-situs-tertinggi-kuartal-iii-2020

https://marketeers.com/e-commerce-demam-fesyen-shopee-gelar-grand-fashionbazaar

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles