Pelaksanaan Pelayanan Prima Unit Layanan Parkir Pada Koperasi Karyawan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Jakarta

Authors

  • Eka Putri Handayani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Resti Yulistria Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rosento Rosento Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dwi Fitriany Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1157

Keywords:

Pelayanan Prima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima unit layanan parkir pada koperasi karyawan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Jakarta. Perparkiran pada koperasi karyawan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Jakarta adalah salah satu jenis usaha dari koperasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KopkarHutan). Untuk melaksanakan pengelolaan perparkiran di gedung manggala wanabakti dengan area yang cukup luas dan jumlah penghuni maupun pengunjung gedung yang cukup ramai, maka diperlukan organisasi yang memadai, mampu dan efektif dalam menyelenggarakan kegiatan pengelolaan perparkiran Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana data didapat berdasarkan hasil dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Pelayanan Prima unit layanan parkir Pada Koperasi Karyawan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan ini terdiri dari 6 standar pelayanan publik yang dijabarkan sebagai berikut: (1) prosedur pelayanan, prosedur pelayanan sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat; (2) waktu penyelesaian, waktu penyelesaian pasti, karena diinformasikan kepada pengguna; (3) biaya pelayanan, semua biaya penyelesaian pelayanan prima unit layanan parkir pada koperasi karyawan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan Jakarta sudah sesuai ketentuan yang berlaku; (4) produk pelayanan, produk pelayanan sudah baik dan sesuai dengan keinginan masyarakat; (5) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana penunjang masih belum lengkap, sehingga masyarakat masih kurang nyaman dalam proses pelayanan; (6) kompetensi petugas pemberi pelayanan, petugas sudah melayani masyarakat dengan ramah dan adil, serta telah bekerja sesuai bidang keahliannya masing-masing.

References

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Administrasi Bisnis, 51(1), 2–3.

Asih, N. S. (2016). Pengaruh Pelayanan Prima (SERVICE EXCELLENCE) Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Agata Singaraja. Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1), 3.

Firmansyah. (2016). Strategi Pelayanan Prima (SPP) Untuk Kepentingan Serta Kepuasan Pelanggan Dan Masyarakat. Ilmiah Widya, 3(1), 164–165.

Frimayasa, A. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Pelayanan Prima (service Excellent) Pada Perusahaan Telekomunikasi Indosat Ooredo, XVIII(1), 66.

Herlambang. (2018). Customer Service. Yogyakarta.

Laksana, muhibidin wijaya. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung.

Mukarom. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik. Bandung.

Persada. (2017). Customer Service Excellent. Depok.

Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima (Alfabeta). Bandung.

Priansa, D. J. (2018). Manajemen Organisasi Publik (CV. Pustak). Bandung.

Rangkuti, F. (2016). Customer Care Excellence. Jakarta.

Rusydi, M. (2017). Customer Excellence. Yogyakarta.

Semill. (2018). Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Depok.

Suminar. (2017). Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempos SIP TC PARAMOUNT SUMMARECON. Sekretari, 4, 6–15.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles