Analisis Sistem Pengiriman Barang Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi kasus: PT. Lintas Nusantara Perdana)

Authors

  • Vina Islami Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rima Oktaviani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1148

Keywords:

Pengiriman, Pengendalian

Abstract

Perusahaan logistik memerlukan proses pengiriman barang yang harus efektif. Proses pengiriman barang/jasa sebaiknya mempunyai sistem yang baik untuk mendukung seluruh kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan. Perusahaan harus memperhatikan setiap proses pengiriman barang/jasa tersebut sebaiknya terdapat pengendalian intern untuk mengarahkan, mengawasi dan mengukur sumberdaya suatu organisasi serta mencegah dan menemukan ketidaksesuain prosedur. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan, sistem pengiriman barang dan jasa pada PT Lintas Nusantara Persada belum cukup menjadi pengendali internal bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis data deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pengiriman barang/jasa dan pengendalian intern yang tepat dan bisa digunakan pada PT Lintas Nusantara Perdana. Hasil penelitian PT Lintas Nusanatara Perdana dalam pengiriman barang mempuyai 3 metode dalam pengiriman barang yaitu: Cash, Credit, Cod disetiap pembayaran mempunyai alur pengiriman barang yang sama hanya saja metode pembayaran yang berbeda. Unsur pengendalian intern pengiriman Barang/Jasa pada PT Lintas Nusantara Persada. Struktur organisasi dan prosedur pencatatan dalam pengiriman barang; Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pengiriman barang/jasa yang ada pada PT. Lintas Nusantara Perdana.

References

Dewi, D. P. (2020). PROSEDUR ADMINISTRASI JASA PENGIRIMAN BARANG DI PT CITRA VAN TITIPAN KILAT TANGERANG. JURNAL ILMIAH ILMU SEKRETARI/ADMINISTRASI PERKANTORAN, Vol. 7 No., 7.

Gibran, K. (2019). Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Siklus Pembelian dan Pengeluaran Kas pada PT. Indocater. Jakarta. : : STIE Indonesia Banking School. http://repository.ibs.ac.id/1467/1/Khafell Gibran.pdf

Pusparini, A. (2015). Analisis sistem pengendalian internal atas siklus pembelian obat dan alat kesehatan pada rumah sakit puri cinere. STIE Indonesia Banking School. http://repository.ibs.ac.id/830/1/Annisa Pusparini %28200712015%29 - Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Siklus Pembelian Obat dan Alat Kesehatan Pada Ru.pdf

Rahmadani, F. (2021). JARINGAN SYARAF TIRUAN PREDIKSI JUMLAH PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION ( STUDI KASUS: KANTOR POS BINJAI ). Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), Vol. 5, N, 102.

Rahman, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Jaya Motor Bekasi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 99. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3622

Reno Supardi. (2018). SISTEM ADMINISTRASI PELAYANAN PASIEN BPJS BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PADA PUSKESMAS SAWAH LEBAR BARU KOTA BENGKULU. Program Studi Teknik Informatika, Vol 2 No 1, 3.

Vita, K. S. (2015). Analisis Sistem Pengendalian Internal atas Prosedur Pembelian/ Pengadaan Barang dan Pengeluaran Kas pada Perusahaan Konstruksi PT. XYZ. Jakarta. STIE Indonesia Banking School. http://repository.ibs.ac.id/1305/1/Kinanti Surya Vita%2C Ak.-Ibs.pdf

Wijaya, D. (2018). Prosedur Administrasi Penjualan Bearing Pada Usaha Jaya Teknika Jakarta Barat. Program Studi Komputerisasi Akutansi, Vol. XVI N, 27.

Yulianti, E. (2018). Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT. Vira Surya Utama Palembang. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA GLOBAL, VOLUME 09, 8.

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles