Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Berbasis Web Pada Kantor Urusan Agama Sungai Raya

Authors

  • Dedi Saputra UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA KAMPUS KOTA PONTIANAK
  • Wahyu Hardianti Saputri
  • Fajar Akbar

DOI:

https://doi.org/10.31294/instk.v2i2.925

Keywords:

Aplikasi, Sistem Informasi, Web

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu instansi yang harus mempunyai sistem informasi berbasis web untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang efisien serta efektif kepada publik atau masyarakat. KUA saat ini masih menggunakan sistem manual untuk pendaftaran maupun penyimpanan berkas dan lain sebagainya seperti menggunakan lembar formulir untuk mengisi data-data yang diperlukan. Maka dari itu penulis mencoba membuat Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Berbasis Web pada Kantor Urusan Agama Sungai Raya yang sampai saat ini masih belum memiliki web untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi dengan mudah. Penulis ingin menerapkan sebuah aplikasi atau sebuah situs web yang dapat diakses oleh masyarakat. Seperti melakukan pendaftaran, masyarakat nantinya hanya perlu mengaksesnya melalui komputer yang terkoneksi dengan jaringan, melakukan registrasi, dan memilih metode pembayaran sesuai dengan yang tertera pada web. Kemudian untuk melengkapi berkas-berkas seperti lampiran surat, pass foto ataupun Kartu Tanda Penduduk, masyarakat hanya perlu memindai dan mengunggahnya pada kolom yang telah tersedia. Penulis menggunakan metode penelitian waterfall untuk merealisasikan program yang penulis buat. Hasil keseluruhan dari program ini adalah terciptanya sebuah website yang akan membuat informasi mengenai KUA lebih efisien untuk diakses oleh masyarakat. Jika sebelumnya untuk mengetahui apa saja pelayanan yang ada di KUA harus datang langsung ke Kantor Urusan Agama yang ada diwilayah tersebut, dengan adanya website ini masyarakat bisa melihat pelayanan-pelayanan yang ada melalui website.

 

 

References

Akbar, F., & Setiaji, S. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KARANG TARUNA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Jurnal Khatulistiwa Informatika, VIII(1). www.bsi.ac.id

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. UGM PRESS.

Hadi, K., Asworo, L., & Taqwa, I. (2020). Inovasi Dialogis: Menuju Transformasi Pelayanan Publik Yang Partisipatif (Kajian Sistem Pelayanan Malang Online). Journal of Government and Civil Society, 4(1), 115–129.

Haryani, H., & Saputra, D. (2021). Designing of Web-Based Learning Media for Senior High School During The Covid-19 Pandemic. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(2), 241–254.

Hasan, H. (2017). IMPLEMENENTASI SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN INVENTORY FIXED ASSET PADA PT. ARK LOGISTICS DAN TRANSPORT. Perspektif, 15(2), 155–163.

Ibrahim, H. A. (2019). Teori dan konsep pelayanan publik serta implementasinya.

Ibrahim, W. H., & Maita, I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17–22.

Martias, M., Azhari, A., & Saputra, D. (2020). Penerapan Jaringan Virtual Local Area Network Dengan Cisco Packet Tracer. In INSANTEK - Jurnal Inovasi dan Sains Teknik Elektro (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/insantek28

Maulana, R., Rahayuningsih, P. A., Irmayani, W., Saputra, D., & Jayanti, W. E. (2020). Improved Accuracy of Sentiment Analysis Movie Review Using Support Vector Machine Based Information Gain. Journal of Physics: Conference Series, 1641, 12060. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012060

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., & Silalahi, M. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Rahman, A., Saputra, D., Haryani, H., & Riswandi, R. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENDAPATAN JASA PADA KLINIK DOKTER ANANDA DEPOK. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(2).

Saputra, D., Irmayani, W., & Martias. (2019). PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN KESEHATAN (SIYANA) PADA PUSKESMAS MENSIKU DESA BINJAI HULU KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT. Jurnal Mantik PENUSA, 3(1), 37–43. http://www.e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/656

Saputra, D., Setiaji, S., & Ishak, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS MAN I KOTA TANGERANG SELATAN). Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 33–42. http://www.e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/542

Sinambela, L. P. (2019). Reformasi pelayanan publik: teori, Kebijakan dan implementasi.

Wijaya, E. S. (2020). APLIKASI PENYEWAAN RUANGAN BESERTA FASILITAS BERBASIS WEB PADA SUDIRMAN CITY CENTER OFFICE TOWER BESTON HOTEL PALEMBANG. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Yulia, E. R., & Nuris, N. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan obat pada klinik ibu mas depok. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(02), 116–125.

Published

2021-12-01

How to Cite

Saputra, D., Saputri, W. H. ., & Akbar, F. . (2021). Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Berbasis Web Pada Kantor Urusan Agama Sungai Raya. INSANtek, 2(2), 63-68. https://doi.org/10.31294/instk.v2i2.925