Model Waterfall Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Mesin EDC Pada E-Channel Operations Perbankan

Penulis

  • Amrin Amrin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Reza Aldiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31294/instk.v2i2.668

Kata Kunci:

sistem informasi, mesin EDC, metode waterfall

Abstrak

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. E-Channel Operations Perbankan membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memudahkan bagi para karyawannya. Sistem pengadaan yang digunakan E-Channel Operations Perbankan masih dilakukan secara manual, yaitu dengan membuat surat permintaan setiap kali melakukan pengadaan mesin baru. Perancangan sistem informasi pengadaan mesin EDC berbasis web merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan- permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini.  Metode yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi pengadaan mesin EDC, dapat mempermudah pegawai yang terkait dalam proses pengadaan secara real time, pembuatan laporan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.serta penyimpanan data menjadi lebih aman.

Referensi

Asna, M. (2020). Pengembangan sistem inventarisasi mesin electronic data capture (edc) berbasis web di pt. bank mandiri (persero) tbk region vii/jawa 2. Universitas Negeri Padang.

Astuti, Y. P., & Subhiyakto, E. R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Dengan Metode Waterfall Untuk Pengarsipan Data Wajib Pajak. Jurnal Teknologi Informasi UDINUS, 16(2), 106–113.

Farid, A. F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Dengan Mengintegrasikan Sistem Trouble Shooting Solution Mesin Electronic Data Capture (EDC) Berbasis Web Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pondok Gede. Universitas Bhayangkara Jakarta.

Firdaus, F., & Masya, F. (2020). Aplikasi Informasi Pengaduan Electronic Data Capture Merchant ( Edc ) Berbasis Web. Jurnal Explore, 11(1), 17–22.

Hayati, A. P., & Lestariningati, S. I. (2018). Electronic Data Capture ( Edc ) Berbasis Mini Pc Raspberry Pi. Jurnal Teknik Komputer Unikom – Komputika, 7(1).

Mariana, A. N., & Amrin, A. (2019). Implementasi Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Surat Berjalan PKK DKI Jakarta. Jurnal Riset Komputer (Jurikom), 6(5), 453–459. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1392

Mudiar, W., & Hidayat, U. (2019). Sistem Informasi Manajemen Asset Berbasis Web Pada Perbanas Institute. Information Management for Educators and Professionals, 4(1), E – ISSN: 2548–3331.

Priyono, A. H., & Amrin, A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Jakarta. Jurnal Mantik Penusa, 3(2), 30–37. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/622/382

Sukamto, R. A., & Salahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Terbitan

Bagian

Articles