Perancangan Aplikasi SIP-PTK Sekolah Dasar Negeri Guntur 01 Menggunakan Model Fountain

Authors

  • Ricki Sastra Universitas Bina Sarana Informatika
  • Agung M Sutawinata Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/insantek.v4i2.2421

Keywords:

Sistem Informasi Pendataan PTK, Model Fountain, PHP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Pendataan PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk SDN Guntur 01 menggunakan metode pengembangan software Model Fountain. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan data PTK di SDN Guntur 01. Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna dan pemetaan proses bisnis terkait pengelolaan data PTK. Selanjutnya, dilakukan perancangan sistem dan antarmuka berdasarkan hasil analisis tersebut. Metode pengembangan software Model Fountain digunakan sebagai panduan dalam melakukan tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian aplikasi. Implementasi aplikasi menggunakan pendekatan pemrograman terstruktur dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Fitur-fitur utama aplikasi mencakup manajemen data PTK, seperti input data kepegawian, data pribadi, riwayat pendidikan, dan data kontak. Melalui penelitian ini, didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan metode pengembangan software Model Fountain dan pendekatan pemrograman terstruktur efektif dalam merancang dan mengembangkan aplikasi SIP-PTK SDN Guntur 01. Aplikasi ini memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan data PTK di SDN Guntur 01

References

Abdurrahman, Muhdar. (2018). Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web PadaKementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate. AIKOM Ternate, I: 2-4.

Azwat, Ramadhan, Hazacky. Sari, Renny, Puspita dan Prawira, Dian (2023). RancangBangun Aplikasi Sampah Market Menggunakan Model Fountain. Jurnal Informasi dan Teknologi (Vol. 5).

Ernawati, Siti. Wati, Risa dan Maulana, Ilham. (2021). Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST). Yogyakarta

Parinsi, Mario, Tulenan. Mewengkang, Alfrina dan Rantung, Tessa. (2021). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Di Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 1). Manado

Rachmat, Achmad. Tarmizi, Rasyid dan Saputra, Firdaus, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Laporan Hasil Produksi Pada PT. Central Sarana Pancing. Jurnal Sensi (Vol. 2)

Raharjo, Budi. (2016). Modul Pemrograman Web (HTML, PHP & MySQL). Bandung:Modula.

Rosa, A, S dan Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Safitri, Rima. (2018). Simple CRUD Buku Tamu Perpustakaan Berbasis PHP dan MySQL. Jurnal Tibanndaru (Vol. 2). Jakarta.

Taqwiym, Akhsani. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pegawai pada PT. XYZ. Jurnal Informasi Komputer Logika (Vol. 1).

Hidayat, Aziz, Setyawan. Ubleeuw, Wandy. Fauzi, Ahmad dan Akhirianto, Pas, Mahyu(2019). Sistem Pengolahan Data Nilai Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Karel Sadsuitubun Langgur. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer (Vol. 5). Maluku Utara.

Spining Berbasis Mikrokontroler Atmega32 di PT. San Star Manunggal. RESISTOR (ElektRonika KEndali TelekomunikaSI Tenaga LiSTrik KOmputeR), 2(1), 51–58.

Willyanto, E. (2017). Pengaruh Desain Arsitektural Terhadap Kenyamanan Termal Bangunan Iklim Tropis Lembab

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sastra, R., & Sutawinata, A. M. (2023). Perancangan Aplikasi SIP-PTK Sekolah Dasar Negeri Guntur 01 Menggunakan Model Fountain. INSANtek, 4(2), 63-68. https://doi.org/10.31294/insantek.v4i2.2421