Penggunaan Cobit 4.1 Untuk Audit Sistem Informasi Kepegawaian Pada PT. Mustika Agung Sentosa

Authors

  • belelang Universitas Nusa Mandiri
  • Siti Nurlela

DOI:

https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1570

Keywords:

Audit Sistem Informasi, COBIT 4.1, Domain PO, DS, ME

Abstract

PT. Mustika Agung Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dimana banyak sekali pengolahan data yang harus dilakukan terutama pada pengolahan data kepegawaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana PT. Mustika Agung Sentosa telah menerapkan tata kelola Teknologi Informasi (TI) yang baik terutama dalam pengolahan data kepegawaian. Fokus penelitian ini pada 3 dominan COBIT 4.1 yaitu PO, DS dan ME terdiri dari 38 detailed control objective sementara domain AI telah dinilai memenuhi standar pengelolaan teknologi informasi yang baik yaitu pada level 3 (defined). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara dan obervasi secara langsung. Ketiga metode tersebut berpatokan pada model COBIT 4.1. Temuan kelemahan atau masalah dibandingkan dengan kondisi ideal yang telah di tetapkan COBIT 4.1 pada setiap levelnya, sehingga dapat diketahui rekomendasi yang cocok untuk diterapkan. Masalah utama yang ditemui adalah kurangnya kontrol internal yang dilakukan pada sub bagian SDM, sehingga menyebabkan kesenjangan hubungan antar pengguna sistem informasi dan teknologi informasi yang diterapkan, manajemen risiko yang belum dikelola dengan baik, dan kemampuan SDM yang masih kurang. Kantor PT. Mustika Agung Sentosa telah menerapkan tata kelola teknologi informasi pada level Defined Process. Hasil pengolahan kuisioner diperoleh nilai rata-rata untuk domain PO, DS dan ME adalah 2,65 dari rentang nilai 0 sampai 5. Artinya perusahaan telah melakukan tata kelola teknologi informasi dengan baik. Hasil penelitian menemukan kelemahan terdapat pada subdomain ME2, dimana memiliki nilai kematangan paling kecil dari domain lainnya yaitu 2.54 dan nilai DS7 memiliki nilai kematangan yang paling tinggi yaitu 3.03.

References

Cholil, et, al, 2013. Audit Tata Kelolah Sistem Kepegawaian Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Selatan Dengan Kerangka Cobit Versi 5.

Fernandez & Marhalim, 2019. Revitalisasi Teknologi Informasi pada Sistem Informasi Kepegawaian Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan COBIT 4.1, Jurnal Media Infotama Vol.15 No. 2.

Wibawa & Julianto, 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus : PT Dekatama Centra), Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Volume 2 Nomor 2.

Laksmidewi, et, al, 2018. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dengan, DS5 dan DS9 COBIT 4.1 Studi Kasus: Pemprov Bali , Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, Vol. 17, No. 1.

Zuraidah, 2019. Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Menggunakan COBIT 4.1 pada Perusahaan Sparepart mobil PT. XYZ di Jakarta Jurnal PROSISKO Vol. 6 No. 2.

Zuraidah, 2020. Audit Tata Kelolah Sistem Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 (Pada Studikasus PT. Anugrah), Jurnal PROSISKO Vol. 7 No.2.

Arens, Alvin A. 2015. Auditing & Jasa Assuransce. Jakarta, Erlangga

Tuanakotta, Theodorus M. 2014. Audit Berbasi ISA (International Standards on Auditing). Salemba Empat, Jakarta.

Agoes, Sukrisno, 2017. Auditing : Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Buku 1, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat

Bayangkara, IBK. 2015. “Audit Manajemen: Prosedur dan Implementasi. Edisi 2.” Jakarta: Salemba Empat.

Azizah, 2017. Audit Sistem Inormasi Menggunakan Framework COBIt 4.1. Pada E-Learning UNISNU Jepara, Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1.

Published

2022-11-30

How to Cite

Belelang, B., & Nurlela, S. (2022). Penggunaan Cobit 4.1 Untuk Audit Sistem Informasi Kepegawaian Pada PT. Mustika Agung Sentosa. INSANtek, 3(2), 67-72. https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1570