Sistem Informasi Pelayanan Pembuatan Surat Pada Masyarakat Desa Kalisalak Margasari Tegal

Authors

  • Amrin Amrin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Faqih

DOI:

https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1529

Keywords:

sistem informasi, pelayanan surat, metode waterfall

Abstract

Pelayanan umum merupakan fokus disiplin administrasi publik yang masih menjadi persoalan dan perlu penyelesaian yang komprehensif. Berbagai tuntutan masyarakat sebagai tanda ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan. Pada dasarnya  pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat terus mengalami pembaharuan, baik dari segi paradigma maupun format pelayanan. Namun pada tingkat desa pembaharuan dari kedua sisi tersebut belum memuaskan, bahkan masyarakat masih diposisikan sebagai pihak yang dinomor duakan. Saat ini kebutuhan administrasi menjadi faktor terpenting dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan penggunaan sistem yang dilakukan secara konvensional dinilai belum mampu berkerja secara tuntas dalam melayani masyarakat. Dimasa modern sekarang ini masyarakat membutuhkan suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan terbaik. Perancangan sistem informasi dengan menggunakan metode waterfall ini menjadi salah satu solusi terbaik karena memanfaatkan teknologi informasi sebagai perantara untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Pengajuan dan pembuatan surat di Kantor Desa Kalisalak Margasari Tegal hingga saat ini masih terkendala dengan keterbatasan staff pelayanan, pencatatan data-data yang masih bersifat manual, sampai keterbatasan ruang penyimpanan tumpukan buku yang dijadikan sebagai laporan. Permasalahan tersebut dapat menimbulkan antrian, kesalahan pencatatan, dan hilangnya data. Selain menanggulangi permasalahan tersebut, masih ada keuntungan ketika pelayanan umum berbasis online,  diantaranya melatih masyarakat untuk sadar teknologi serta turut meminimalisir penggunaan kertas dan alat tulis lainnya dalam proses pengajuan surat. Dengan adanya sistem informasi berbasis online  diharapkan pelayanan terhadap warga Desa Kalisalak Margasari Tegal dapat berjalan kondusif dan efisien.

References

Astuti, Y. P., & Subhiyakto, E. R. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Dengan Metode Waterfall Untuk Pengarsipan Data Wajib Pajak. Jurnal Teknologi Informasi UDINUS, 16(2), 106–113.

Diana, I. N., Anwar, M. M., N, R. S., & D, I. G. S. M. (2019). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Dan Disposisi Surat Berbasis Chronological Filling. SEMINAR SANTIKA, September, 2–7.

Harsono, G. (2020). Analisa Dan Perancangan SistemManajemen Gudang Pada Perusahaan Jasa Maklon/E-Contract Manufacturing (Studi Kasus: CV.Sakura Satrya Jaya). JUSIBI-(JURNAL SISTEM INFORMASI DAN E-BISNIS), 2(2), 375–390.

Huda, M. S., & Susanti, N. (2021). SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT KETERANGAN PADA KANTOR DESA HONGGOSOCO ( SI SUKET ). Jurnal Ijtis (Indonesian Journal of Technology , Informatics and Science, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.24176/ijtis.v2i2.6275

Mariana, A. N., & Amrin, A. (2019). Implementasi Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Surat Berjalan PKK DKI Jakarta. Jurnal Riset Komputer (Jurikom), 6(5), 453–459. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1392

Priyadi, D. A., & Lestari, E. W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 4(2), 84–91. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3444

Priyono, A. H., & Amrin, A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Sertifikat Tanah Pada Badan Pertanahan Nasional Jakarta. Jurnal Mantik Penusa, 3(2), 30–37. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/622/382

Raya, M. N., & Nurhidayat, A. I. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pembuatan Surat Desa Sanggrahan Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Sanggrahan). Jurnal JMI (Jurnal Manajemen Informasi), 2(2), 1–14.

Sukamto, R. A., & Salahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika.

Syaebani, A., Tyasmala, D. V., Maulani, R., Utami, E. D., & Wahyuni, S. N. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN SURAT MENYURAT ( SIRA ) BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Jurnal Joism: Jurnal of Information System Management, 3(1), 32–38.

Widiastuti, I. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web di Desa Wanajaya Jawa Barat. Jurnal Dikmas, 2(3), 877–886.

Published

2022-11-30

How to Cite

Amrin, A., & Faqih, A. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Pembuatan Surat Pada Masyarakat Desa Kalisalak Margasari Tegal . INSANtek, 3(2), 55-60. https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1529