Rancang Bangun Simpan Pinjam Pada Koperasi Mulia Jaya Abadi

Authors

  • Puji Astuti Universitas Nusa Mandiri
  • Fifeni Rostini Batee

DOI:

https://doi.org/10.31294/imtechno.v3i1.766

Keywords:

RAD, Koperasi Rancang Bangun

Abstract

Kebutuhan informasi saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi, begitu pula kebutuhan informasi koperasi pada koperasi Mulia Jaya Abadi. Namun dalam pelaksanaanya sistem yang digunakan pada koperasi  masih dilakukan secara manual, mulai dari pengolahan data anggota, simpanan, pinjaman serta laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan data, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan model RAD, sebagai upaya untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan mengenai keadaan objek penelitian, sedangkan untuk metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan metode studi pustaka. Hasil yang didapat yaitu suatu aplikasi perangkat lunak rancang bangun system untuk mempermudah dalam proses pengolahan data anggota transaksi simpan pinjam, angsuran serta laporan. Dibuatnya rancang bangun sistem simpan pinjam agar proses transaksi simpan pinjam lebih efektif dan efisien untuk menunjang aktifitas koperasi dalam pelayanannya sebagai penyedia informasi koperasi.

References

Aprilian, R., & Habibi, R. (2019). Unified Modeling Language.

Irnawati, O. (2017). Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam. Information System for Educators and Professionals, 2(1), 31–40.

Ramadhani, W. J. A. (2019). Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN RESTORAN BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK YII2 Maharani, 12(1), 4.

Rosa, & Shalahudin. (2016). Modul pembelajaran Pemograman Berorientasi Objek: dengan Bahasa Pemograman C++, PHP, dan Java. Modula.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Informatika, 3(1), 91–99.

Wati, E. F. (2017). Sistem Informasi Koperasi Pinjaman Pada Koperasi Karyawan Mandarin Oriental Jakarta Dengan Metodologi Berorientasi Objek. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing ), 1(1), 9–20. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicom/article/view/2

Downloads

Published

2022-01-27