Analisis Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Dengan Metode Servqual Pada PT. Sinergi Adhikarya Semesta

Authors

  • ade suryanto universitas bina sarana informatika
  • Muhammad Salahudin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Bayu Nur Kuncoro Universitas Bina Sarana Informatika
  • Destiana Putri Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/imtechno.v5i1.2823

Keywords:

Metode Servqual, Kepuasan Pelanggan, Jasa pengiriman

Abstract

PT Sinergi Adhikarya Semesta adalah perusahaan pengiriman barang yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan besar di bidang perbankan, asuransi dan e-commerce. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis faktor sebagai teknik analisis datanya, dimana teknik ini digunakan untuk mengelompokkan indikator-indikator pengukuran yang ada dalam alat ukur service quality (Servqual) sesuai dengan kedekatan masing-masing indikator yang diuji. Penelitian ini menggunakan SERVQUAL yang menggunakan 5 dimensi untuk mengukur kepuasan pelanggan untuk perusahaan jasa, yaitu: Realibility, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan TangiblePerhitungan Nilai Gap Per Dimensi hasil yang didapat menunjukkan bahwa nilai gap per dimensi dengan nilai tertinggi dan keterangan pertama ialah pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) dengan nilai gap sebesar 2,205 Hal ini mengartikan pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) sudah memenuhi harapan responden. Perhitungan Nilai Gap Kesleuruhan hasil yang didapat menunjukkan bahwa nilai gap keseluruhan sebesar 1,936. Hasil perhitungan menggunakan metode Service Quality dari keseluruhan atribut dapat diketahui nilai rata-rata kenyataan pelanggan 4,0656 serta nilai rata-rata Harapan pelanggan sebesar 2,1296 sehingga didapatkan nilai gap positif antara kenyataan perusahaan dan harapan pelanggan 1,936 yang menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan layanan pengiriman PT Sinergi Adhikarya Semesta

References

Anindya, A. P., & Iva Mindhayani. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3954

Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Sleman Diy. Jurnal Optimal, 18(1), 41–62.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 12–31. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438

Putri, A., Qur’aini, S., Tukan, M., Tutuhatunewa, A., & CNN Indonesia. (n.d.). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP JASA ANTAR BARANG DI PT JNE KANTOR CABANG UTAMA AMBON DENGAN METODE SERVQUAL. 2(1), 2022.

Tech in Asia ID. (2023). [Update] Data Logistik Indonesia: Pangsa Pasar, Potensi, Investasi, dan Lainnya. Tech in Asia ID. https://id.techinasia.com/data-logistik-indonesia-lengkap

Wilujeng, F. R., Rembulan, G. D., Andreas, D., & Tannady, H. (2019). Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–9.

Ahistasari, A. s., Histiarini, A. R., & Sarfunin, N. Y. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pengaruh Kualitas Pelayanan Di RH SOQ. Jurnal Teknik Industri, 48-57.

Apriliana, & Sukaris. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 498.

Artha, A. P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kopi Lain Hati Cabang Deltasari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-15.

Asrida, P. D. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal IKIP Bali.

Asrida, P. D. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Swalayan Ayu Nadi Panjer. Jurnal IKIP Bali, 1907-3232.

Hariyono. (2023). Pengaruh Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ketupat Kandangan Di Banjarmasin. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 1-9.

Indasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Lubis, F. S., Rahima, A. P., Umam, M. I., & Muhammad. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 25-31.

Masili, V., Lumanauw, B., & Maria. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Toko Bahan Bangunan Mentari Di Desa Sea Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Jurnal Emba, 44-45.

Maulidiah, E. P., Survival, & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 1-11.

milawaty, H., & Tambunan, L. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap Dengan Mengunakan Jaminan asuransi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Rumah sakit X Tangerang Tahun 2021. Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi Dan Kewirausahaan.

Pamungkas, R. P., & Sulistiyowati, W. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Gojek Di Pandaan Menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM). Seminar Nasional Inovasi Teknologi.

Setiawan, A., Rizkiana, C., & Widyakto, A. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Study Pada Fotocopy Lancar Baru Semarang. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi , 243-253.

Setyorini, A. D., Wiguna, I. G., & Putra, K. T. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Logistik Di Era New Normal Studi Kasus Pada Pengguna Id Express. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, 442-451.

Sumarwan, Ujang, & Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sudrajad, & Andayani, N. R. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas

Pelayanan Di Pt Ramajaya Copier. Journal of Applied Business Administration, 119-131.

Sujadi, D., & Ridayanti, N. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Go-Jek Di Kabupaten Badung. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, 104-120.

Utami, A. A., & Gunadi, W. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Indihome Fiber Di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress.

Waluyowati, N. P. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggancoffee Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1.

Downloads

Published

2024-01-23