Sistem Informasi Pembelajaran Daring (Siberling) Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Jakarta

Authors

  • Duwi Cahya Putri Buani STMIK Nusa Mandiri
  • Sukmawati Anggraeni Putri
  • Saudur

DOI:

https://doi.org/10.31294/imtechno.v2i2.277

Keywords:

E-Learning, MySql, PHP and Website

Abstract

E-Learning dapat disebut sebagai sebuah metode pembelajaran  berbasis elektronik dan menggunakan jaringan komputer sebagai medianya, jaringan komputer yang digunakan memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis website. MAN 2 Jakarta Timur merupakan sekolah menengah atas yang saat ini masih menggunakan metode pembelajaran secara lisan yaitu guru menyampaikan langsung kepada murid dan secara tertulis seperti mengambil bahan ajaran dari buku. Karena seperti yang diketahui di sebagian sekolah dan perguruan tinggi sudah menggunakan pembelajaran melalui komputer atau E- Learning System. Berdasarkan hal tersebut maka dirancanglah sistem pembelajaran E-Learning. Sistem E-Learning ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini yaitu dengan observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem  menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi E-Learning dengan fasilitas latihan dan ujian online sebagai bahan evaluasi, serta terdapat fitur upload materi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membagikan bahan ajar untuk siswa.

References

Hutagalung, J., Winata, H., & Jaya, H. (2019). Perancangan Dan Implementasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Negeri 1 Siantar. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD, Vol 2,No 1(1), 7.

Komendangi. (2016). Analisis dan Perancangan Aplikasi E-learning berbasis Learning Manajemen Sistem (LMS) Moodle di Program Study Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi. Universitas Sam Ratulangi.

Pamungkas, C. (2015). RANCANG BANGUN E-LEARNING CENTER BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS MEDIA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pradiatiningtyas, D., & Suparwanto. (2017). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Smk N 4 Purworejo. Ijsn, 7(2), 1–8.

Romindo. (2017). Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada SMA Padamu Negeri Medan. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, Volume 2 N, 6. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Saudur, Putri, S. A., & Buani, D. C. P. (2021). Penelitian Mandiri Mahasiswa dan Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri.

Sukamto, R., & Salahudin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. PT.Elex Media Komputindo.

Susanto, W. E., & Ayu, Y. G. A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika, 5(2).

Teuku Fadjar Shadek, R. S. (2017). Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor ( Php ) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Jurnal ProTekInfo, 4, 1–18.

Published

2021-07-29

Issue

Section

Articles