Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Kecantikan Terbaik Pada Marketplace Shopee Menggunakan Metode AHP
DOI:
https://doi.org/10.31294/imtechno.v5i2.2126Keywords:
sistem pendukung keputusan, toko produk kecantikan, metode AHPAbstract
Shopee merupakan marketplace yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Minat masyarakat terutama wanita dalam berbelanja produk kecantikan secara daring, tentu saja tidak menutup kemungkinan munculnya kejahatan. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode AHP merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah kejahatan penipuan produk kecantikan agar tidak terjadi secara terus menerus. Populasi dalam penelitian ini yaitu pembeli kebutuhan kecantikan yang mengikuti akun Twitter @ohmybeautybank. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan dalam memilih sampel penelitian, dengan menargetkan 20 responden yang memenuhi kriteria tertentu. Dengan hasil pembobotan kriteria voucher toko sebesar 24,2%, jumlah produk sebesar 21,6%, rating toko sebesar 18,7%, harga barang sebesar 18,5%, jenis toko sebesar 13,0%, dan jumlah pengikut sebesar 4,0%. Maka, hasil perhitungan pada toko kecantikan menunjukkan bahwa prioritas pertama dimiliki oleh Guardian Official Shop sebesar 42,2%, diikuti Watsons Indonesia Official Shop sebesar 28,3%, kemudian Tnt Beauty Shop sebesar 15,5%, dan terakhir Belia Cosmetic sebesar 14,1%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vina Mukhlisani, Satia Suhada, Rifa Nurafifah Syabaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.