Komparasi Akurasi Metode Random Forest Dan Deep Learning pada Reservasi Hotel

Authors

  • Saifudin Saifudin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/imtechno.v4i2.2026

Keywords:

Komparasi, Random Forest, Deep Learning

Abstract

Ketersediaan kamar tempat menginap (hotel) dikota besar akan berbeda dipengaruhi oleh akhir pekan dan juga hari libur nasional. Dengan kondisi seperti ini untuk sebaiknya sebelum melakukan perjalanan ke kota lain sebaiknya melakukan reservasi hotel terlebih dahulu yang bertujuan jika sudah sampai dikota yang dituju dapat langsung beristirahat dengan nyaman. Reservasi ini bisa dilakukan melalui website/online dan memalui telepon/offline. Pada era media sosial seperti sekarang ini untuk melakukan reservasi hotel sangat dimudahkan sekali, dan juga dibantu dari ulasan yang diberikan oleh orang yanng pernah menginap di hotel tersebut. Pengalaman yang kurang dalam hal reservasi hotel dapat menyebabkan dibatalkannya reservasi hotelnya. Pada saat melakukan reservasi hotel sebaiknya diteliti terlebih dahulu fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pihak hotel, lokasi hotel, dan juga yang harus dipertimbangkan adalah harga sewanya supaya dapat mengambil keputusan apakah menginap atau dibatalkan resevsi hotelnya. Penelitian ini menggunakan metode Random Forest dan Deep Learning. Dataset diambil dari laman Kaggle dengan judul reservation hotel dataset. Nilai performance tertinggi ada pada model dengan menggunakan metode Random Forest yakni mempunyai nilai akurasi 76,86%, presisi 83,45% dan recall 84,03%.

References

Ilahiyah, S., & Nilogiri, A. (2018). Implementasi Deep Learning Pada Identifikasi Jenis Tumbuhan Berdasarkan Citra Daun Menggunakan Convolutional Neural Network. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (Justindo), 3(2).

Khoirunissa, H. A., Widyaningrum, A. R., & Maharani, A. P. A. (2021). Comparison of Random Forest, Logistic Regression, and Multilayer Perceptron Methods on Classification of Bank Customer Account Closure. Indonesian Journal of Applied Statistics, 4(1), 14–20.

NOR, S., MUSLIM, M. A., & ASWIN, M. (2022). Pengenalan Pola Dasar Angka berdasarkan Gerakan Tangan menggunakan Machine Learning. ELKOMIKA, 10(3), 596–608.

Pramoedyo, H. (2022). Comparison Of Random Forest And Naïve Bayes Methods For Classifying And Forecasting Soil Texture In The Area Around Das Kalikonto, East Java. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 16(4), 1411–1422.

Rahmatya, M. D., Wicaksono, M. F., Sari, D. P., & Mubarok, M. N. (2020). Design of Reservation Information System. The 1st Paris Van Java International Seminar on Computer, Science, Engineering, and Technology (PVJ_ISComSET), 879(3).

Saputro, I. W., & Sari, B. W. (2019). Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa. Citec Journal, 6(1), 1–11.

Wardani, D. M. (2021). Hotel Reservation Policy Pada Masa Pandemi: Refund, Rescedule Atau Cancel Di Labuan Bajo. Pariwisata, 8(1), 63–72.

Yunfei Lai. (2019). A Comparison of Traditional Machine Learning and Deep Learning in Image Recognition. Journal of Physics: Conference Series International Conference on Electrical, Mechanical and Computer Engineering, Guizhou, China, 1314(3).

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles