Perbaikan Ulang Tata Letak Gudang Penyimpanan Barang Menggunakan Metode Dedicated Storage Di Pt. Intertek Utama Services

Authors

  • Nova Pangastuti Bina Sarana Informatika ( Teknik Industri)
  • Sri Watmah
  • Agustian Waruwu Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/imtechno.v4i2.1975

Keywords:

Produktivitas , Tata Letak Gudang, Metode dedicate storage

Abstract

PT. Intertek Utama Services merupakan perusahaan yang menyediakan jasa pengujian produk dan komoditi serta pelayanan sertifikasi terbesar di dunia. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengujian memiliki beberapa divisi dan cabang (site) dan juga memiliki satu tempat penyimpanan bahan baku yang nantinya akan disimpan dalam satu gudang.  Dalam pengamatan yang dilakukan di gudang PT. Intertek Utama Services,memiliki permasalahan dalam penyimpanan dan penyusunan bahan baku material yang masih belum teratur atau bercampur dan juga menyimpan barang pada space kosong yang tersedia tanda memperhatikan apakah barang itu sama atau tidak. Sehingga hal ini menghambat alur aktivitas digudang sampai menyebabkan operator gudang sering mengalami kesulitan dalam mengambil dan menyimpan barang dan akan menghambat waktu proses pengiriman.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dedicated storage. tata letak gudang PT. Intertek Utama Services yang memberikan perbaikan dengan jarak tempuh yang paling kecil adalah tata letak Dedicated Storage. ukuran luas gudang = 840 m2, panjang = 25 m, lebar 24 m Hasil penerapan dalam usulan perbaikan dengan metode dedicate storage menghasilkan penyelesaian masalah antara lain, Throughput (Aktivitas) dengan total 74, Space Requirement (slot) 11 slot.Tata letak ini jika dibandingkan dengan tata letak awal menghasilkan penurunan jarak tempuh sebesar 24,6%, penurunan luas lantai terpakai untuk penyimpanan sebesar 531,36%, peningkatan kapasitas sebesar 15%, peningkatan fleksibilitas sebesar 27,27%, dan peningkatan produktivitas sebesar 11%.

References

Angelia, F., & Suhada, K. (t.t.). Perbaikan Tata Letak Gudang dengan Association Rule Mining dan Dedicated Storage Policy di PD Andika-Indramayu Warehouse Layout Improvement with Association Rule Mining and Dedicated Storage Policy at PD Andika-Indramayu.

Febianti, E., Ilhami, M. A., & Ferdiansah, G. (t.t.). Relayout Gudang Produk Polypropylene Dengan Metode Dedicated Storage.

Hadi Permana, I., Adha Ilhami, M., & Febianti, E. (2013). Relayout Tata Letak Gudang Produk Jadi Menggunakan Metode Dedicated Storage. Dalam Jurnal Teknik Industri (Vol. 1, Nomor 4).

Hapsari, I., Sutanto, D. A., Raya, J., Surabaya, K., & Arlianto, J. A. (t.t.). Perbaikan Tata Letak Gudang Mesin Fotokopi Rekondisi di CV. NEC, Surabaya.

Husin, S. (2020). PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG PRODUK JADI DENGAN METODE DEDICATED STORAGE DIGUDANG PT. YYZ. 3(1), 8–15.

Linsyi Daissurur, M. (2023). Call for papers dan Seminar Nasional Sains dan Teknologi Ke-2 2023 Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa. 2(1), 400.

Meldra, D., Husor, D., & Purba, M. (2018). RELAYOUT TATA LETAK GUDANG BARANG DENGAN

MENGGUNAKAN METODE DEDICATED STORAGE (Vol. 4, Nomor 1).

Nurrisa Karonsih, S., Widha Setyanto, N., & Farela Mada Tantrika, C. (t.t.). PERBAIKAN TATA LETAK PENEMPATAN BARANG DI GUDANG PENYIMPANAN MATERIAL BERDASARKAN

CLASS BASED STORAGE POLICY (Studi Kasus: Gudang Material PT. Filtrona Indonesia-Surabaya) REDESIGN LAYOUT OF GOODS PLACEMENT IN MATERIAL WAREHOUSE BASED ON CLASS BASED STORAGE POLICY (Case Study: Material Warehouse of PT. Filtrona Indonesia-Surabaya).

Putra, Y. P. (t.t.). MERANCANG TATA LETAK FASILITAS PABRIK DENGAN METODE ALGORITMA CORELAP DI CV. ROBBANI SINGOSARI.

Siboro, C. F., & Yusnita, E. (2021). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Gudang Klinik XYZ Menggunakan Metode Dedicated Storage. INVENTORY: Industrial Vocational E-Journal On Agroindustry, 2(1), 26. https://doi.org/10.52759/inventory.v2i1.39

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles