Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi Tiktok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Nur Varahim Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v3i1.2547

Keywords:

Analisa Kepuasan, EUCS, Aplikasi Tiktok

Abstract

Di era digital yang kita rasakan dewasa ini, sudah banyak sekali perkembangan yang terjadi disetiap tahunnya teruma di bidang teknoligi digital. Dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat melahirkan temuan baru yang berdampak bagi masyakat saat ini. Kemudahan yang diberikan internet berhasil mengubah gaya hidup masyarakat saat ini. Bahkan dewasa ini penggunaan intenet tidak lagi sebatas media komunikasi melainkan sudah menjadi media promosi, media informasi, media hiburan dan masih banyak lagi. Salah satu aplikasi media hiburan yang diminati masyarakat saat ini adalah aplikasi tiktok. Suatu sistem informasi dikatakan berhasil jika informasi diproses hingga menghasilkan informasi yang baik, akan tetapi penerimaan kepuasan dan penerimaan pengguna terhadap sistem atau aplikasi juga menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan dari sistem informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi Tiktok dan factor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Penelitian in menggunakan metode kuantitati dan variable Content, accuracy, ease of use, dan timeliness. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Proses analisis menggunakan pendekatan PLS-SEM dan aplikasi SmartPLS versi 4.0. hasil penelitian ini ada 1 hipotesis yang diterima yaitu content.

References

Bawardi, F. S., Rachmadi, A., & Wardani, N. H. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 7694–7700.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Kurniasih Indah, & Pibriana Desi. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online. Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja OnlineBerbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS, Vol. 8(1), 181–198.

Kurniawan, D., Zusrony, E., & Andika Kusumajaya, R. (2018). Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, 4, 1–5.

Saputra, M. R., & Riyadi, S. (2017). Sistem Informasi Populasi dan Historikal Unit Alat-Alat Berat Pada PT . Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia. Jurnal Peneltian Dosen FIKOM (UNDA, 6(2), pp.1-6.

Sensuse, D. I., & Prayoga, S. H. (2012). Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 70. https://doi.org/10.21609/jsi.v6i1.278

Sm, A., Lubis, A., Si, M., & Sabrina, H. (2020). Pengaruh Loyalitas Dan Integritas Terhadap Kebijakan Pimpinan PT. Quantum Training Centre Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 1(1), 21–30. https://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jimbi/article/view/364

Supriyatna, A. (2015). Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework. Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.

Utami, A. D. V. (2021). Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Indonesian of Health Information Management Journal, 8(2), 2655–9129.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles