Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Di Kandang Kopi Tasikmalaya

Authors

  • Mahisa Yudhistira Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ramdhan Saepul Rohman Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eva Marsusanti Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.2497

Keywords:

Penjualan, Algoritma Apriori, Kandang Kopi

Abstract

Manajemen Kandang Kopi tengah menghadapi penurunan omset yang mencolok dalam beberapa bulan terakhir. Situasi ini telah memicu kekhawatiran dan menyadarkan manajemen akan urgensi memanfaatkan potensi data penjualan yang ada pada Point of Sales (POS) untuk mendukung strategi promosi. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada analisis data penjualan di Kandang Kopi menggunakan algoritma apriori melalui metode Association Rules, dibantu oleh perangkat lunak RapidMiner 10.1. Hasil analisis mengungkapkan adanya tiga aturan asosiasi yang memenuhi syarat dengan Support lebih dari 75% dan Confidence melebihi 90%. Produk yang memiliki Confidence lebih dari 90% ternyata memiliki daya tarik tinggi di mata konsumen. Sebagai contoh, konsumen yang membeli CF-19 cenderung juga memilih Es Kondang dan Jappanese. Dengan menemukan pola-pola seperti ini, Kandang Kopi kini memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan strategi promosi mereka. Dengan memahami preferensi pelanggan dan hubungan produk-produk tertentu, Kandang Kopi dapat meningkatkan efektivitas promosi mereka. Dengan demikian, penerapan aturan asosiasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan terhadap peningkatan penjualan mereka, membantu mereka mengatasi penurunan omset yang mereka alami dalam beberapa waktu terakhir.

References

Abdullah, T., & Tantri, F. (2016). Manajemen pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Abizal, R., & Syahra, Y. (2022). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menganalisis Pola Penjualan Pada Restoran Sederhana. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), 5(1), 76–82. https://ojs.trigunadharma.ac.id/

Adhinda, F., Wardani, K., & Kristiana, T. (2020). Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori. 22(1). https://doi.org/10.31294/p.v21i2

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2017). Metodologi penelitian (3 ed.). Refika Aditama.

Lestari, N. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika, 3(2), 103–114.

Najib, B. A., & Suryani, N. (2020). Penerapan data mining terhadap data penjualan lapis bogor sangkuriang dengan metode algoritma apriori. vol. VI, 1, 61–70.

Nurajizah, S. (2019). Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 4(1), 35–44.

IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS DATA PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS DAPOERIN’S). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(2).

Sari, R., & Yulia Hayuningtyas, R. (2021). Analisis Keranjang Belanja Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Sains dan Manajemen, 9(1).

Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 129–154.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif (1 ed.). Alfabeta

Sumiyati, S. P., & Yatimatun NafiÕah, M. M. (2021). Akuntansi Keuangan SMK/MAK Kelas XI. Gramedia Widiasarana indonesia.

Downloads

Published

2023-10-30