Rancang Bangun Aplikasi Pesona Garut Berbasis Mobile di PT. Stige IT

Authors

  • Mulyana Mulyana STMIK AMIK BANDUNG
  • Indriani Indriani STMIK AMIK BANDUNG

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i2.2453

Keywords:

Framework Flutter, Pesona Garut, Pariwisata, Aplikasi Android

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang memiliki potensi besar dalam pengembangan perekonomian di Kabupaten Garut, dengan pengelolaan pariwisata yang baik diharapkan mampu memberikan keuntungan yang lebih maksimal kepada pelaku industri pariwisata. Salah satunya dengan memanfaatkan peran teknologi sebagai media promosi untuk memberikan informasi mengenai destinasi pariwisata yang ada di Garut kepada wisatawan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut telah menggunakan website (https://visitgarut.garutkab.go.id/) sebagai media untuk pengelolaan dan memperkenalkan wisata. Meskipun demikian, upaya yang lebih intensif diperlukan untuk meningkatkan kesadaran pelaku industri pariwisata dan minat wisatawan. Terdapat strategi tambahan yang dapat dilakukan sebagai penunjang dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yaitu dengan aplikasi berbasis mobile (mengintegrasikan informasi destinasi pariwisata dari website ke dalam aplikasi mobile android), fitur pada aplikasi Pesona Garut yaitu memiliki akses pada perangkat keras yaitu GPS yang dapat memberikan panduan navigasi rute lokasi. Aplikasi pesona garut dibuat menggunakan framework flutter dengan database MySQL yang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif melalui wawancara, observasi dan kuesioner, dan didukung dengan model pengembangan aplikasi menggunakan scrum framework. Aplikasi pesona garut ini menyediakan layanan seperti memberikan informasi mengenai destinasi pariwisata yang ada disekitar wilayah Garut seperti wisata alam, wisata buatan, budaya, akomodasi, transportasi, dan restoran berbasis mobile. Untuk memperluas jangkauan aplikasi ini sudah terdapat di playstore.

References

Firdaus, M. A. (2017). Implementasi Kerangka Kerja Scrum Pada Manajemen Pengembangan Sistem Informasi. Semnasteknomedia Online, 5(1), 1–2.

Hardiansyah, F., Rizal, A., & Purnamasari, I. (2023). IMPLEMENTASI METODE AGILE SCRUM DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN OLAHRAGA. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1242–1247.

Husain, I., Purwantoro, P., & Carudin, C. (2023). ANALISIS PERFORMA STATE MANAGEMENT PROVIDER DAN GETX PADA APLIKASI FLUTTER. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1417–1422.

Irawan, C. D., Mamahit, D. J., & Sambul, A. M. (2019). Pembuatan Game Simulasi Kewirausahaan untuk Profesi Petani. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 53–62.

Madhar, M. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Deteksi Dini Kebakaran Dengan Fitur Gps Berbasis Website. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 2(1), 367–372.

Mawarni, D., Andrianto, R., Liana, D., Azis, A., Rusadi, D., Rahmansyah, F., & Fikriyan, F. (2023). Aplikasi Pembelian Tiket Bioskop Berbasis Flutter: Integrasi Pilihan Film, Bangku, dan Pembayaran. Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Sains, 1(3), 111–119.

Mulyanto, J. D., Saefudin, S., & Sholahuddin, A. (2023). APLIKASI PENCARIAN DAN PENGUMUMAN BARANG HILANG “CARLIK-CARI PEMILIK” BERBASIS MOBILE. Informatics and Computer Engineering Journal, 3(2), 107–116.

Putra, D. J. K., & Tanaem, P. F. (2022). Perancangan Aplikasi Pembukuan Menggunakan Metode Agile Scrum. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 509–521.

Riani, N. K. (2021). Pariwisata Adalah Pisau Bermata 2. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1469–1474.

Septian, B., Jayadi, I. K., Holil, M., & Handriana, I. (2020). Sistem Human Capital Management Menggunakan Metode Scrum. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(1), 1–16.

Setiawati, R., & Aji, P. S. T. (2023). Implementasi sapta pesona sebagai upaya dalam memberikan pelayanan prima pada wisatawan di desa wisata pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT), 2(2), 6.

Sudjiran, S., Saefudin, M., & Perdana, S. A. (2023). DIGITAL SYSTEM UI/UX DESIGN MANAGEMENT SUBMISSION OF AGRICULTURAL COST LOANS USING FIGMA SOFTWARE. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 7(1), 74–85.

Tabrani, M., & Aghniya, I. R. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 41–50.

Wardhana, W. G., Arwani, I., & Rahayudi, B. (2020). Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(2), 680–689.

Winanjar, J., & Susanti, D. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi desa Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL. PROSIDING SNAST, 97–105.

Yudhistira, A. S. (2021). Aplikasi Profil Genshin Impact dengan Mengimplementasikan Flutter. ResearchGate.

Downloads

Published

2023-10-30